PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN OBJEK WISATA ALAM

Penulis

  • Nur Arkam Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar
  • We Patappari Tenri Sessu Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.2219

Kata Kunci:

Instagram, Konten Pemasaran, Pengelolaan Media Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuatkan konten pemasaran berupa konten video singkat, konten gambar yang menggunakan fitur Instagram sebagai media untuk memasarkan objek wisata alam pada akun Disparpora Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini menggunakan pengambilan dan pengumpulan data melalui telaah dokumen dan wawancara semi terstruktur dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada beberapa pihak terkait yang dapat membantu peneliti dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan elemen-elemen content marketing yaitu Design, Current Event, The Reading Experience, Time, dan Tone, isi dari postingan menjadi lebih menarik. Output dari penelitian ini adalah konten pemasaran berupa konten video singkat dan konten gambar menggunakan fitur-fitur Instagram yang digunakan sebagai media untuk memasarkan objek wisata alam Kabupaten Soppeng yang di posting pada akun Disparpora Kabupaten Soppeng.

Referensi

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Fadilla, Q. (2020). Instagram Content Trend During the COVID-19 Pandemic Quarantine in Indonesia. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 185-205. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1718

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pemasaran Modern pada Batik Burneh. Competence: Journal of Management Studies, 11(2), 217-225.

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media di UPT Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1-17.

Kemp, S. (2022). GLOBAL OVERVIEW REPORT: Durasi Penggunaan Media Sosial. (Online) dalam Datareportal.Com. Diakses pada tanggal 9 Juni 2022.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Lupiyoadi R. & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Mahmudah, S. M. & Rahayu, M.(2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9. https://doi.org/10/33366/ikn.v2il.39

Mamonto, W., F., Tumbuan, A., F., J., Willem. & Rogi, H., M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9,(2): 110–121. https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33281

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Noor, Z. Z. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Deepublish.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13. doi:10.47453/etos.v3i1.352

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran Edisi 4. CV Andi Offset.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.

Vania., F. H. (2021). 73 Persen Masyarakat Mendapatkan Informasi Dari Media Sosial. Dalam Databoks.Katadata.Co.Id. Diakses pada tanggal 31 Mei 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05