STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA UMKM WARCOK

Penulis

  • Andi Ahmad Israr Politeknik STIA LAN Makassar
  • Najmi Kamariah Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2357

Kata Kunci:

Pengembangan Produk, Kemasan, Disain

Abstrak

UMKM merupakan salah satu sektor yang memberikan konstribusi besar bagi perekonomian indonesia baik dalam bentuk produk domestik bruto, penyerapan tenaga kerja serta menjadi penopang stabilitas sistem keuangan dan perekonomian negara. Dengan demikian, pengembangan UMKM merupakan suatu necessary condition dalam mendorong pertumbuhan ekonomi indonesia. Warung Coko-Cokko (WARCOK) merupakan salah satu UMKM dalam industri makanan yang memasarkan produknya menggunakan kemasan plastik polypropylene dan kertas minyak. Penggunaan kemasan tersebut masih terdapat beberapa kekurangan yaitu tidak menampilkan informasi pemesanan dan kemasan tidak dapat menahan makanan berminyak dan berair sehingga lebih mudah robek dan menyebabkan kebocoran. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam pengembangan desain kemasan baru pada produk UMKM WARCOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan pengambilan dan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa pihak yang terkait dalam proses penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan desain kemasan baru pada UMKM WARCOK dilakukan melalui lima tahapan pengembangan produk yaitu tahap penciptaan ide, penyaringan ide, pengembangan konsep, desain kemasan produk, dan komersialisasi. Setelah melalui tahapan tersebut, didapatkan hasil bahwa baik pemilik usaha maupun konsumen lebih cenderung memilih kemasan styrofoam yang terbuat dari bahan polystyrene dan  paper bowl yang terbuat dari bahan kertas yang ramah lingkungan sebagai kemasan yang baik dan cocok digunakan oleh UMKM WARCOK. Kedua jenis bahan kemasan ini mampu mencegah kebocoran makanan, praktis dan ergonomis digunakan oleh pemilik usaha maupun konsumen.

Referensi

Ares, G., Velázquez, A. L., Vidal, L., Curutchet, M. R., & Varela, P. (2022). The role of food packaging on children’s diet: Insights for the design of comprehensive regulations to encourage healthier eating habits in childhood and beyond. Food Quality and Preference, 95, 1-10. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104366

Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. (2017). PENGARUH ATRIBUT KEMASAN MAKANAN DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN. Agriekonomika, 6(1), 72–85. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1895

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Edinburgh Gate, Harlow: Pearson Education Limited.

Mufreni, A. N. (2016). PENGARUH DESAIN PRODUK, BENTUK KEMASAN DAN BAHAN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS TEH HIJAU SERBUK TOCHA). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Nugrahani, R. (2015). PERAN DESAIN GRAFIS PADA LABEL DAN KEMASAN PRODUK MAKANAN UMKM. Jurnal Seni Imajinasi, 9(2), 127–136.

Said, A. A. (2016). Desain Kemasan. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Schifferstein, H. N. J., Lemke, M., & de Boer, A. (2022). An exploratory study using graphic design to communicate consumer benefits on food packaging. Food Quality and Preference, 97, 1-15. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104458

Sjah, T., & Zainuri. (2019). Pengembangan Produk Unggulan Desa. Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (BALILATFO), Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Republik Indonesia dengan Universitas Mataram.

Sousa, M. M. M. de, Carvalho, F. M., & Pereira, R. G. F. A. (2020). Colour and shape of design elements of the packaging labels influence consumer expectations and hedonic judgments of specialty coffee. Food Quality and Preference, 83, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.103902

Teknobgt. (2023). Font Montserrat: Font Unik yang Cocok untuk Desain Modern. Retrieved May 19, 2023, from https://www.teknobgt.com/84336/font-montserrat.html

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. ANDI YOGYAKARTA.

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), & ASEAN Secretariat. (2022). ASEAN Investment Report 2022. Jakarta.

Velasco, C., Woods, A. T., & Spence, C. (2015). Evaluating the orientation of design elements in product packaging using an online orientation task. Food Quality and Preference, 46, 151–159. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2015.07.018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-25