DIGITALISASI LAYANAN SURAT KETERANGAN PADA DESA LIU KABUPATEN WAJO
DOI:
https://doi.org/10.33509/admit.v2i1.2718Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Digitalisasi, DesaAbstrak
Pemberian layanan surat keterangan untuk keperluan masyarakat di Desa Liu saat ini masih mengandalkan pembuatan surat keterangan yang bersifat manual. Masyarakat yang ingin membuat surat keterangan harus datang secara langsung di kantor desa dengan membawa persyaratan administrasi berupa fotokopi kartu keluarga ataupun kartu tanda penduduk. Pemberian layanan surat keterangan yang dilakukan secara manual ini memerlukan waktu yang lama karena sering terjadi kesalahan dalam membawa persyaratan administrasi, selain itu juga sering terjadi kendala teknis dalam proses pemberian layanan surat keterangan. Hal ini menyebabkan belum terealisasinya pelayanan yang mudah dan cepat, sesuai dengan (Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, 2009). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan digitalisasi sistem pembuatan surat keterangan berupa aplikasi SI-SUKET (Sistem Informasi Surat Keterangan) yang berbasis web dan juga android. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Proses pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian berupa aplikasi yang dapat digunakan untuk membatu aparat desa dalam memberikan layanan pembuatan surat keterangan pada Desa Liu Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.
Referensi
Alfianti, Henny & Rismayana, Aris H. (2020). Sistem Administrasi Pelayanan Surat Mahasiswa Berbasis Web dan Mobile Android. Infotekmesin, (Vol 11 No 2 (2020): Infotekmesin: Juli 2020), 94–101. Diambil dari https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/infotekmesin/article/view/215/pdf
Asyhari, A. (2019). Sistem pelayanan masyarakat berbasis web di pekon candiretno. (09), 302–306.
Atmoko, P.W. (2015). Digitalisasi dan Alih Media. Universitas Brawijaya, Malang.
Haikal, M. F. (2022). Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tallo Makassar). Jurnal Administrasi Negara, 28(April), 89–112.
Huda, M. S., & Susanti, N. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan pada Kantor Desa (SI SUKET). Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 2(2), 75–80. https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.6275
Imamuddin, I., Muslihudin, M., & ... (2020). Aplikasi Pengarsipan Surat Untuk Peningkatan Pelayanan Desa Bumi Arum. … dan Sistem Informasi), 03(01), 1–5.
Latifah, L., Fatmawati, F., Ilham, I., & Gafur, A. (2023). Penerapan Sistem Kinerja Berbasis E-Kinerja Pada Pemerintahan Kota Bekasi. Jurnal Administrasi Negara, 29(1), 1–19. https://doi.org/10.33509/jan.v29i1.1830
Lewis, C. W., & Gilman, S. C. (2005). The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. San Fransisco: Jossey-Bass- A Wiley Imprint.
Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. J-SAKTI (Jurnal Sains …, 5, 124–134.
prabawati indah, & meirinawati. (2015). Peningkatan Kualitas Pelayanan PublikMelalui Citizen’S Charter. Administrasi Publik, 12(1412–7040), 1–10.
Pratomo, Y., & Aziz, R. A. (2019). Rencana Strategis Teknologi Informasi Menyongsong Transformasi Digital Di Dunia Pendidikan (Studi Kasus SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur). Jtksi, 02(03), 74–81.
Safroni. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Sahar, N. (2022). Implementasi E-Procurement Pada Dinas. Arajang: Jurnal Ilmu Sosial Politik, 5(2), 163–179.
Sanim, R., Ariyanto, R. N., Ghiffari, A. D. A., Sodikin, Suprianto, Buhori, A., … Prananda, F. B. B. (2022). PELATIHAN MICROSOFT WORD 2007 UNTUK MENDUKUNG AKTIFITAS SISWA DIERA DIGITAL PADA SMA BINA INSAN KAMIL: PELATIHAN MICROSOFT WORD 2007 UNTUK MENDUKUNG AKTIFITAS SISWA DIERA DIGITAL PADA SMA BINA INSAN KAMIL. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 28–30. Diambil dari https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/26
Suastina, A. W., Sahar, N., & Ramli, R. (2023). Strategy for Enhancing the Performance Accountability of Enrekang Regency Government Agencies. PINISI Discretion Review, 6(1), 193. https://doi.org/10.26858/pdr.v6i1.42543
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 105–122. https://doi.org/10.33509/jan.v25i2.699
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang—Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. (2009).
Wijayanti, I., Fitriani, A. P., & Wardhani, D. P. (2021). Efisiensi Birokrasi Layanan Konsumen: Implementasi Program Online Service. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 77–83. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12046
Wursanto. (2016). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.