EVALUASI KINERJA PELAYANAN PEGAWAI PERPUSTAKAAN DI KANTOR DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI GORONTALO

Penulis

  • Yulmi Manangin Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Yulianty Mozin Universitas Negeri Gorontalo
  • Rustam Tohopi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v2i1.2799

Kata Kunci:

Kinerja Pegawai, Pelayanan Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis & mendeskripsikan kinerja pegawai dalam pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo dikaji dari perspektif  produktivitas, kualitas layanan, responsifitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan perpustakaan di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo ditinjau dari indikator kualitas layanan dan responsibilitasnya telah berjalan dengan optimal secara menyeluruh. Meskipun demikian, kinerja pegawai ditinjau dari perspektif indikator produktivitas terdapat kekurangan dalam jumlah personil pegawai, alokasi anggaran yang terbatas, dan ketersediaan koleksi buku yang tidak mencukupi standar yang ditetapkan mengakibatkan produktivitas pegawai yang kurang efektif. Indikator responsivitas menunjukkan bahwa beberapa pegawai masih kurang responsif terhadap kebutuhan pengunjung, sehingga mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan dengan maksimal. Sementara indikator akuntabilitas menunjukkan bahwa tidak semua pegawai di bidang yang sama memiliki kompetensi dalam memberikan layanan informasi dan bimbingan pemustaka kepada pengunjung, menyebabkan ketidaksempurnaan dalam kedua layanan tersebut.

Referensi

Dwiyanto, A., Partini, P., Ratminto, R., Wicaksono, B., Tamriari, W., Kusumasari, B. & Nuh, M. (2017). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Penerbit UGM Press.

Isa, R.. (2022). “Pengaruh Kompotensi, Budaya Organisasi Dan Perilaku Wirausaha Terhadap Kinerja BumDes Di Kabupaten Gorontalo.” (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo).

Keban, Y. T. (2015). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu. Penerbit Gava Media.

Mangkunegara, A. (2015). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Refika Aditama.

Mozin, S. Y. (2015). “Refungsionalisasi Administrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan RSUD Aloei Saboe Kota Gorontalo.”(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sulila, I. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat.” Journal of International Conference Proceedings 4(2):599–611. doi: 10.32535/jicp.v4i2.1347.

Tohopi, R. (2015). “Mewujudkan Good Governance Melalui Standar Pelayanan Minimal (Spm) Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31