IMPLEMENTATION OF SELF-ORDER IN IMPROVING SERVICE QUALITY AT KAFE PYUR 2.0
DOI:
https://doi.org/10.33509/admit.v2i2.3059Kata Kunci:
Self Order, Kualitas Pelayanan, KafeAbstrak
Pemesanan menu secara manual, menjadi masalah serius yang dihadapi Kafe Pyur 2.0. Konsumen harus mendatangi kasir, memilih menu dan membayar menu pada meja kasir yang menyebabkan antrian panjang karena hanya dilayani satu kasir. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan self order dalam memperbaiki kualitas pelayanan di Kafe Pyur 2.0. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kafe Pyur 2.0 yang beralamat di Jl. Sunu, Suangga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Waktu penelitian mulai dari penjadwalan sampai penyelesaian penelitian kurang lebih empat bulan, terhitung sejak bulan April 2024 hingga Juli 2024. Dalam pembuatan self order menggunakan aplikasi POS Majoo yang telah ada dan memiliki fitur web order yang dapat dimanfaatkan pemilik usaha untuk membuat sistem self order di Kafe Pyur 2.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan dengan penerapan self order, Kafe Pyur 2.0 dapat meminimalisir antrian sehingga konsumen hanya membutuhkan waktu tunggu yang sebentar untuk melakukan pemesanan menu. Hal tersebut memberikan dampat pada kualitas pelayanan yang menjadi lebih baik setelah diukur menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang disebut TERRA yang terdiri dari Tangible (bukti fisik), Empathy (empati), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap) dan Assurance (jaminan). Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, ada beberapa masalah yang dapat diatasi yaitu pemesanan menu yang dapat dilakukan dimana saja pada ruang lingkup Kafe Pyur 2.0 sehingga tidak terjadi penumpukan konsumen yang menyebabkan terjadinya antrian, penyampain informasi ketersediaan menu yang lebih cepat dan tepat dan pemesanan menu yang lebih cepat.
Referensi
Abel, E. E. & Obeten, E. (2015). Restaurant Customer Self-Ordering System : A Solution to Reduce Customer / Guest Waiting Time at the Point of Sale. International Journal of Computer Applications, 111(11), 19–22. DOI=10.5120/19583-1332.
Alfaren, C., & Arijanto, R. (2021). Self-Ordering Concept Food Ordering System in Restaurants. Bit-Tech, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32877/bt.v4i1.234
Anggara, D., Ambaradewi, N. L. G., & Bawantara, I. P. Y. (2023). Aplikasi Pemesanan Menu Pada Edery Cafe Berbasis Android. Jurnal Manajemen Dan Teknologi Informasi, 13(1), 2087–5312. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jmti
Arsy, R. K. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Cafe Berbasis Web (Skripsi). Universitas Putera Batam, Batam.
Aziz, R. (2022). Penerapan Rekomendasi Menu dan Self Order Pada Aplikasi E-Menu Restoran Menggunakan Metode Collaborative Filtering Berbasis Android. Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.30811/jaise.v2i1.3875
Dedy Irawan, J., & Adriantantri, E. (2019). Pemanfaatan Qr-Code Sebagai Media Promosi Toko. Jurnal Mnemonic, 1(2), 56–61. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v1i2.39
Hermawan, I., & Kurnia, D. A. (2014). Sistem Informasi Pemesanan Paket Pengantin Berbasis WEB Pada Yuni Salon Duku Puntang Kabupaten Cirebon. Jurnal Online ICT STMIK IKMI, 12(10), 39-47.
Lukiman, R., & Lestarianto, J. W. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi, Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Kepercayaan Atas Teknologi Sistem Informasi Akuntansi, Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individu Karyawan. Ultimaccounting : Jurnal Ilmu Akuntansi, 8(2), 46–65. https://doi.org/10.31937/akuntansi.v8i2.581
Made, N., Kasandra, A. A., & Juliarsa, G. (2016). Pengaruh Kualitas Penerapan Sia, Pemanfaatan Dan Kepercayaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Karyawan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(1), 539–547. https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/11420
Mulyani, N. (2022). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Diponegoro. In Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh (Issue 8.5.2017).
Rizqiawan, H., & Novianto, I. (2023). Persepsi Pelanggan Pada Aspek Atmosfer Bisnis Kafe Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 628–652. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2613
Saeni, A. A., Sahar, N., Darsim, S. K. H., Dinulfy, L., Tumpu, M., Rachman, M. R., Pasoepati, I. G. P. A. G., Alpius, Rangan, P. R., Salle, R. K., AB, M. A., Tanje, H. W., Gusty, S., & Mulyana, A. S. (2020). Pengembangan Inovasi dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 : Konsep dan Penerapan (I. Marzuki, M. Chaerul, & N. Desi (eds.)). Tohar Media.
Salsabiela. (2020). Sistem Pemesanan Makanan Berkonsep Self-Ordering dan Berbasis Web Pada Rumah Makan (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/80889/1/naskah_publikasi_L200160091%283%29.pdf
Saputra, J. E., & Kusumaningrum, A. P. (2022). Analisis Swot Penggunaan Media Online Instagram Sebagai Alat Promosi Di Cafe Kopipapi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1802–1818. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2542
Suprianto, B. (2023). Literature Review : Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015
Suryani. (2014). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Al-Iqrishad, 6(2), 239–250. DOI:10.15408/ijies.v6i2.1233.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality and Satisfaction (Edisi Ke-4). Yogyakarta : Penerbit Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.