PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PANAKKUKANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berawal dari pentingnya pelayanan publik yang berkualitas sebagai hak masyarakat dan kewajiban negara. Namun, pelayanan publik oleh birokrasi pemerintah sering kali diwarnai dengan prosedur rumit, ketidakpastian waktu dan biaya, serta minimnya evaluasi kepuasan masyarakat. Untuk itu diperlukan survei kepuasan masyarakat. Kantor Urusan Agama sebagai salah satu instansi pemberi layanan kepada masyarakat di tingkat pemerintah daerah yang belum pernah melakukan survei kepuasan sebelumnya, padahal hal ini diwajibkan oleh peraturan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Panakkukang. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods, dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 331 responden, dan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat berada pada angka 84,25, yang berada dalam predikat “Baik”. Unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi yaitu unsur biaya/tarif serta unsur penanganan pengaduan, sedangkan unsur sarana dan prasarana serta unsur produk spesifikasi jenis pelayanan masih dinilai kurang memadai. Kesimpulannya, meskipun secara umum pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Panakkukang sudah baik, masih diperlukan ruang perbaikan di beberapa unsur, terutama terkait unsur sarana dan prasarana serta unsur produk spesifikasi jenis pelayanan terkait kelengkapan dokumen pendukung pelayanan. Survei ini diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan kualitas pelayanan publik di masa mendatang.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Dila, E. (2019). Kualitas pelayanan publik Dila Erlianti. 1, 15–28.
Indriastuti, I. (2022). Memahami Kembali Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Tata Pemerintahan Yang Baik (Good Governance). Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 10(1), 60–75. https://doi.org/10.38156/governancejkmp.v10i1.76
Irman, A. A. J. G., & Fitri Azmi, I. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Survei Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Parangloe. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2), 169–188. https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2264
Mardiyanto, R., & Ismowati, M. (2018). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), 184–197. https://doi.org/10.31334/trans.v9i2.23
Nur, K., & Hendry, A. (2024). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu. 1(1), 66–73.
Indonesia. 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta.
Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004 Tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Agama. Jakarta.
Pemerintah Pusat. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2018 Tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Agama (2018). Jakarta
R Dewi, & Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Sinollah dan Masruro. (2019). DALAM MEMBENTUK KEPUASAN PELANGGAN SEHINGGA TERCIPTA LOYALITAS PELANGGAN ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Warisda, W., Raudah, S., & Budiman, A. (n.d.). ( KUA ) KECAMATAN SUNGAI TABUKAN. 1564–1574.
Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi …. Respon Publik, 13(2), 75–82. http://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/download/2127/2030