OPTIMALISASI PROMOSI LAYANAN KLINIK DENTAL GALLERY MELALUI MODEL THE FLOWER OF SERVICE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Transformasi digital telah mendorong perubahan dalam praktik promosi jasa, termasuk pada layanan kesehatan gigi. Klinik Dental Gallery di Kota Makassar menghadapi permasalahan berupa rendahnya kunjungan pasien dan belum optimalnya pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan promosi layanan melalui pembuatan video promosi berbasis model The Flower of Service yang mengintegrasikan layanan inti dan layanan tambahan dalam membentuk pengalaman pelanggan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pemilik klinik, staf, pasien, dan non-pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi yang dipublikasikan melalui Instagram mampu meningkatkan keterlibatan digital, memperkuat persepsi kualitas layanan, serta menarik minat pasien baru. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model The Flower of Service dalam konten video promosi merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan eksposur layanan dan daya tarik klinik dental.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adhari, L. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust.
Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, S., Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293
Amelia, S. S., & Iswadi. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT Tunas Jaya. Technomedia Journal, 8(3), 1–13. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i3.2087
Cahyadi, D., & Tangsi. (2023). Video Promosi.
Christanti, & Kembau, A. S. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Konten Dan Afiliasi Terhadap Pembelian Impulsif: Peran Mediasi Pemasaran Viral Dan Kepercayaan. 36(2), 198–223.
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran pemasaran.
Fasha, A., Dickson, A., Adora, J., Yeo, J. P., & Lau, S. (2025). Implementasi Flower of Service Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa Snowie Studio. 03(02), 71–77. https://doi.org/10.37253/madani.v3i2.10108
Halim, F., Kurniullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Simarmata, S. H. M. P., Permadi, L. A., & Novela. (2016). manajemen pemasaran jasa.
Hashem, T. (2018). The Flower of Service Concept and Its Influence on the Customer Satisfaction: Case Study of Jordanian Private Hospitals Sector. International Journal of Business and Management, 13(2), 122. https://doi.org/10.5539/ijbm.v13n2p122
Husna, N. K., Mala, I. K., & Sutantri. (2024). Strategi Pemasaran Konten dalam Meningkatkan Interaksi Konsumen di Media Sosial. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 21–31.
Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (2022). Manajemen Pemasaran.
Nuriadin, A., & Harumike, Y. D. N. (2021). Sejarah Perkembangan Dan Implikasi Internet Pada Media Massa Dan Kehidupan Masyarakat. SELASAR KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 1–25. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar/index
Palinggi, S., & Limbongan, E. C. (2020). Pengaruh Internet Terhadap Industri E- Commerce Dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan Di Indonesia. 225–232.
Purga, R. (2021). Strategi Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Kota Bengkulu). Skripsi, 19, 122.
Putra, E. Y., Ng, D., Wilson, J., Alvina, J., & Ng, S. (2022). Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dan Promosi Umkm La Sano Life Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Angka Penjualan. Abdi Wina Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v2i1.257
Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Konsumen Teori.
Saputri, A. N. J., Apriani, V., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (J&T Express). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 95–103. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1642
Silaban, P. H., & Silalahi, A. D. K. (2022). Digital_Marketing (1) - Copy.
Sudirman, I., & Musa, M. I. (2023). Strategi pemasaran.