STRATEGY SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL MY BURGER

Isi Artikel Utama

Gilbert Budiman Yousuf
Eljihad Akbari Syukriah Mathory

Abstrak

Perkembangan digital marketing mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif, termasuk usaha mikro seperti My Burger. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi content marketing digunakan dalam membangun brand engagement melalui distribusi video promosi di media sosial Instagram. Strategi ini dirancang untuk menarik perhatian audiens, menyampaikan informasi secara visual, dan mendorong keterlibatan terhadap merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap sepuluh orang informan yang telah menyaksikan video promosi My Burger. Analisis data dilakukan berdasarkan tiga dimensi brand engagement, yaitu kognitif, emosional, dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens memperhatikan elemen visual video, memahami isi pesan promosi, serta tertarik untuk mengenal lebih jauh produk yang ditawarkan. Secara emosional, video promosi memberikan kesan menyenangkan, membangkitkan rasa penasaran, dan memunculkan ketertarikan terhadap produk. Dari sisi perilaku, beberapa informan menunjukkan minat untuk membeli, membagikan konten, hingga mengikuti akun media sosial My Burger. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi content marketing yang komunikatif dan sesuai dengan preferensi audiens dapat membentuk keterlibatan konsumen terhadap brand secara efektif. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaku usaha mikro memanfaatkan media sosial secara optimal melalui konten visual yang otentik, ringan, dan menarik untuk membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yousuf, G. B., & Mathory, E. A. S. (2025). STRATEGY SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL MY BURGER. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 3(2), 207–221. https://doi.org/10.33509/admit.v3i2.3735
Bagian
Articles

Referensi

Abdillah, R. F., & Pramesti, A. N. (2024). Dampak Rating Dan Ulasan Konsumen Terhadap Keputusan. Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta, 2(November), 1480–1494.

Ahn, J., & Back, K.-J. (2018). Antecedents and consequences of customer brand engagement in integrated resorts. International Journal of Hospitality Management, 75(September), 144–152. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.05.020

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 1–32.

Christania, A. C., & Mathory, E. A. S. (2024). Promotional Strategy to Strengthen the Branding for the SME Ayam Geprek Mama Ridho. Journal of Marketing and Emerging Economics, 4(05), 196–203.

Dogra, K. (2019). The Impact of Influencer Marketing on Brand Loyalty Towards Luxury Cosmetics Brands: Comparison of Generation Z and Millennial. Modul University Vienna.

Giantari, I. G. A. K., Sukawati, T. G. R., Ekawati, N. W., Maharani, P. K., & Fenella, V. (2025). Strategi Brand Engagement Melalui Social Media Marketing (M. A. Wardana (ed.)). CV. Intelektual Manifes Media.

Hasyim, M. (2024). Jenis-Jenis Video Marketing Beserta Manfaatnya. Doxadigital.Com. https://www.doxadigital.com/marketing/jenis-jenis-video-marketing-beserta-manfaatnya/

Hollbeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer Brand Engagement in Social Media: Conceptualization, Scale Development and Validation. Journal of Interactive Marketing, 28(2), 149–165. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.12.002

Kemenko Perekonomian RI. (2025). Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/6152/pemerintah-dorong-umkm-naik-kelas-tingkatkan-kontribusi-terhadap-ekspor-indonesia

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Boston : Pearson Education., 2016.

Martensen, A., Brockenhuus-Schack, S., & Zahid, A. L. (2018). How citizen influencers persuade their followers. Journal of Fashion Marketing and Management, 22(3), 335–353.

Mathory, E. Ak. S., & Syahna. (2022). Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 4(2), 105–119.

Minh, S. V., Huoang, G. N., & Ha, G. D. N. (2022). The role of social brand engagement on brand equity and purchase intention for fashion brands. Cogent Business & Management, 9(1), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2143308

Panjaitan, G. M., & Simanjuntak, M. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen Z; Analisis Strategi Brand Awarness, Loyalitas, Dan Organisasi Pemasaran. Jurnal Spektrum Ekonomi, 7(12), 194–206.

Pullizi, J. (2014). Epic . New York: Mc Graw Hill Education.

Qoyyimah, F., Zuhro, D. F., Jauhari, J., Romadonna, R., Amalia, R., & Pasuruan, U. Y. (2024). Analisis persepsi konsumen terhadap harga dan minat beli skincare di tiktok shop. Jurnal Multidisplin Inovatif, 8(7), 56–66.

Rifani, M., Rosyada, F. A., & Suhita, S. U. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Sahmiyya, 1(2), 229–236. https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/sahmiyya/article/view/5799

Sammis, K., Lincoln, C., & Pomponi, S. (2015). Influencer Marketing For Dummies. John Wiley & Sons, 2015.

Saputra, R., Adiprasetya, F., & Pulungan, P. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. 2(5).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2014). Sosial Media Marketing. SAGE, 2014.

Vivek, S. D., Beatty, S. E., & Morgan, R. M. (2015). Customer Engagement: Exploring Customer Relationships Beyond Purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/MTP1069- 6679200201

Zawawi, A., Auwalia, A. F., & Nikmah, N. (2024). Urgensi Strategi Pemasaran UMKM Pada Era Digital: Studi kasus pada usaha “Aneka Krupuk” di desa Dagan. Opportunity Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 107–114.