STRATEGI CONTENT MARKETING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEDAI KOSAN DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT

Isi Artikel Utama

Tami Utami
murtafia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi content marketing yang diterapkan oleh Kedai Kosan melalui platform media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan customer Engagement. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena penurunan interaksi audiens terhadap konten Instagram Kedai Kosan, meskipun media sosial telah digunakan sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi content marketing yang diterapkan Kedai Kosan meliputi tahapan penetapan tujuan, penentuan target pasar, perencanaan dan pembuatan konten, distribusi konten, penguatan, serta evaluasi. Konten yang melibatkan pelanggan secara langsung dan menampilkan suasana kedai terbukti lebih efektif dalam membangun Engagement. Meski distribusi konten telah dilakukan secara aktif melalui Instagram Story, konsistensi dalam evaluasi dan pembuatan konten masih menjadi tantangan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi konten video, pemanfaatan fitur interaktif Instagram, dan keterlibatan pelanggan sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan keterikatan audiens dengan brand.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Utami, T., & Murtafia, M. (2025). STRATEGI CONTENT MARKETING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEDAI KOSAN DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT . ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 3(2), 158–169. Diambil dari https://journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/admit/article/view/3745
Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahim, & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Dan Advertising Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 2(1), 42–47. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Artvanka, L., & Hidayat, R. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Customer Engagement. E-Proceeding of Applied Science, 7(5), 1011.

Ayuwulanda, A., Purnama, H., Cane, A., Ghifari, M. A., Fitriyah, F., & Rismawati, A. F. (2025). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kelompok PKK Desa Patoman. 3(3), 699–704.

Christyanti, D. A. (2020). Pengelolaan Customer Engagement Pada Media Sosial Untuk Membidik Pasar Milenial Pada Tahun 2019 (Studi Kasus Pengelolaan Konten Promosi Instagram Labalaba Periode September 2018 – Maret 2019). Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 110. https://doi.org/10.22441/visikom.v19i1.15128

Data Pengguna Instagram 2024 Indonesia No. 4 Terbanyak Dunia. (n.d.). Retrieved April 26, 2025, from https://www.garuda.website/blog/data-pengguna-instagram-2024-indonesia/

Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi Content Marketing dalam Membangun Customer Engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283

Farah, A., Putri, N., Gaffar, V., Wibowo, L. A., Khairunnisa, Z. N., & Indonesia, U. P. (2025). Journal of Business Management Education ( JBME ) Exploring the Dynamics of Instagram Content Marketing and Engagement : Its Impact on YouTube Membership Subscription. 10(May), 55–60.

Halim, Fitria, Sherly,Sudirman, A. (2020). Marketing dan Sosial media. Media Sains Indonesia.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital.

Murtafia, M., & Sari, N. I. (2022). Business Development Model Using Business Model Canvas At Epargne Thrift Shop. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.31294/jab.v2i2.1663

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140–154. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i2.1901

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179–186. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980

Sari, I., Putri, P., & ... (2023). Analisis Strategi Content Marketing Pada Coffee Shop Sapaloka Di Denpasar. Journal of Economic …, 6(1), 21–27.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Testoefl.Id. Jurnal Ecoment Global, 7(2), 153–161. https://doi.org/10.35908/jeg.v7i2.2193

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS