EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM MENGUKUR DAN MENINGKATKAN BRAND AWARNESS: STUDI PLATZ CAR WASH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media sosial adalah platform yang dimanfaatkan untuk berinteraksi, membangun, membagikan, serta menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Saat ini, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, termasuk dalam mempromosikan produk maupun jasa. Instagram memberi kesempatan bagi pemilih usaha untuk memperkenalkan identitas bisnis mereka dan membangun interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif. Salah satu hal yang dapat membangun sebuah brand yaitu brand awareness (kesadaran merek). Bisnis pencucian mobil atau car wash merupakan salah satu sektor usaha yang menunjukkan pertumbuhan signifikan, seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di berbagai daerah di Indonesia. maka tujuan penelitian ini yaitu, Menganalisis dan mengembangkan strategi optimal dalam pengelolaan media sosial Instagram guna meningkatkan Brand Awareness Konsumen Platz Car Wash. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adaalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini berupa video konten untuk membuktikan efektivitas dalam promosi dan brand awareness, video yang diproduksi dengan strategi visual yang menarik.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alaslan, Amtai, Ade Putra Ode Amane, Bangun Suharti, Laxmi, Nanang Rustandi, Eko Sutrisno, Rustandi, Siti Rahmi, Darmadi, dan Richway. 2023. Metode Penelitian Kualitatif.
Amalia, Ikhlasul, dan Yuliani Rachma Putri. 2020. “Pengaruh Media Sosial Instagram @Maybelline Terhadap Brand awareness Produk Kosmetik Maybelline (Studi Kuantitatif Pada Followers Indonesia Akun Instagram @Maybelline).” E-Proceeding of Management 7 (2): 4705–15.
Baskoro, Fajar, Arya Tudhi Wijaya, Hozairi, dan M. Zainul Asrori. 2023. Media Sosial Untuk Remaja. Widina Media Utama.
Cahyadi, Dian, dan Tangsi. 2023. Video Promosi. Edited by Nurul Fadhillah S. Badan Penerbit UNM.
Hasniaty, Budi Harto, Wirawan Istiono, Zen Munawar, Alexander Waworuntu, Meilani Tri Hapsari, Johni S Pasaribu, dkk. 2023. Social Media Marketing. Pt Global Eksekutif Teknologi.
Hasyim, Masykur. 2024. “Jenis-Jenis Video Marketing Beserta Manfaatnya.” 2024.
Khanom, Musammat Tahmina. 2023. “Using Social Media Marketing in the Digital Era: A Necessity or a Choice.” International Journal of Research in Business dan Social Science (2147- 4478) 12 (3): 88–98.
Nana, Daniar Bihas, dan Acep Samsudin. 2025. “Optimalisasi Instagram Sebagai Strategi Meningkatkan Brand awareness Jasa Cek Plagiasi ( Studi Kasus Pada Akun @ Turnitin . Beeyastore ).” Jurnal Pendidikan Tambusai 9 (1): 3170–76.
Nazarudin. 2020. Manajemen Strategik. NoerFikri Offset.
Purbohastuti, Arum Wahyun. 2021. “Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret.” Jurnal Sains Manajemen 7 (1): 1–17.
Safitra, Ravindra. 2017. “Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea.” Jurnal Ekonomika Dan Manajemen 6 (1): 28–43.
Safitri, Zianah, Wendi El, Viona Paskreyanti Sitorus, dan Indah Noviyanti. 2024. “Analisis SWOT Terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk.” Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis 2 (3): 140–53.
Saputra, Randi, dan Faizal Aditprasetya Purnama Pulungan. 2024. “Proyek Pemasaran Digital Di Sosial Media Dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing Dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand awareness Racabel” 2 (5): 149–63.
Sari, Desak Made Febri Purnama, Ni Kadek Ajus Tiara Dewi, dan Ida Ayu Oka Martini. 2024. “Transisi Pola Pemasaran : Perspektif Pelaku Bisnis Agrowisata Pada Masa Pemulihan Ekonomi Masyarakat Tegallalang Bali.” Jurnal Riset Entrepreneurship 7 (1): 71–85.
Sari, Ovi Hamidah, Fitria Halim, Rahman Tanjung, Lalu Adi Permadi, Adhi Prasetio, Hasnidar, Kusuma Idah Dewi, dkk. 2021. Manajemen Bisnis Pemasaran. Edited by Ronal Watrianthos. Yayasan Kita Menulis. Vol. 7. Yayasan Kita Menulis.
Slice.id. 2024. “Tren Pengguna Media Sosial Dan Digital Marketing Indonesia.”
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan. 4 ed. diedit oleh S. Y.Suryandari. Bandung: Alfabeta.
Wardhana, Aditya (2024). Branding Strategy di Era Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.