PENGENALAN LAYANAN APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE MELALUI VIDEO PROMOSI DAN BANNER PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MAKASSAR

Penulis

  • Jenica Sampe Pande Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar
  • Maylisa Gunawan Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1875

Kata Kunci:

Banner, Layanan Aplikasi Jamsostek Mobile, Promosi, Video Promosi

Abstrak

Jamsostek Mobile merupakan suatu aplikasi terbaru dari BP-Jamsostek yang memberikan layanan kepada para pesertanya melalui online. JMO memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap disbanding dengan aplikasi sebelumnya seperti fitur klaim, pelaporan kecelakaan kerja, co-marketing, serta jaringan mitra layanan dan kantor cabang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi promosi menggunakan media iklan yaitu video dan banner dalam rangka mensosialisasikan aplikasi JMO serta merumuskan dampak yang ditimbulkan dari promosi Jamsostek Mobile (JMO) menggunakan media iklan terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hasil penelitian diperoleh data bahwa sebagian masyarakat lebih tertarik melihat video promosi di media sosial dari pada melalui media cetak. Hal ini dikarenakan video promosi sifatnya lebih padat, jelas dan mudah dimengerti serta penyebaran informasinya pun lebih cepat dalam menjangkau masyarakat. Sehingga promosi melalui media video dapat cepat dalam meningkatkan jumlah konsumen atau pengguna suatu produk dan jasa pada suatu perusahaan. Adapun strategi promosi lain yang digunakan adalah banner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian masyarakat tertarik melihat promosi melalui banner. Hal ini dikarenakan banner biasanya ditempatkan pada tempat umum yang dapat dijangkau semua orang dan penyebaran informasinya sangat cepat. Sehingga promosi melalui banner efektif digunakan dalam memperkenalkan produk atau jasa.

Referensi

Amanu, H., & Lovia, E. (2017). Pengaruh Iklan Media Cetak (Brosur) Terhadap Tingkat Penjualan CV Pinang Advertising Tanjung Pinang. Jurnal Inovasi, 11(2),

-143.

Hashem, T. N. (2018). The Flower of Service Concept and Its Influence on the Customer Satisfaction: Case Study of Jordanian Private Hospitals Sector. International Journal of Business and Management, 13(2), 122-137. https://doi.org/10.5539/ijbm.v13n2p122

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. SENSI Journal, 2(2), 184–197. https://doi.org/10.33050/sensi.v2i2.752

Kanedi, I., Utami, F. H., & Zulita, L. N. (2017). Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Bengkulu. Jurnal Pseudocode, 4(1), 37-46.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2022). Services Marketing: People, Technology, Strategy (9th ed.). World Scientific Publishing Co. Inc.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. SAGE Publications Ltd (CA).

Natalia, D., & Yoedtadi, M. G. (2020). Strategi Marketing Media Cetak di Era Digital (Studi pada Majalah Sindo Weekly). Prologia, 4(2 SE-Articles), 411–418. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6730

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “ Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik ” Terhadap Respon Afektif. Jurnal Lontar, 7(1), 16–24.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putra, E. Y., Ng, D., Wilson, J., Alvina, J., & Ng, S. (2022). Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dan Promosi Umkm La Sano Life Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Angka Penjualan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31–41.

Putra, R. A., Riyanto, D., & Cinantya, I. G. (2018). Pengembangan Media Promosi Rumah Makan Ra Men Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Loyalty. Juno : Jurnal Art Nouveau, 7(1). Retrieved from https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/download/2430/980

Susanto, T. T., Kusnadi, E., & Retno, L. (2018). Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang Media Publikasi Kegiatan (Studi Pada Ibu-Ibu Pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, Pancoran Mas Depok Jawa Barat). Jurnal ABDIMAS BSI, 1(3), 576–584. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4168

Tunnufus, Zakiyya, Wulandari, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Jenis Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee Di Kabupaten Lebak. The Asia Pacific; Journal of Management Studies, 6(1), 29–40.

Wibowati, J. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Adminika, 7(1), 94-110.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05