STRATEGI PROMOSI DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL MIE BARACCUNG MAKASSAR

Penulis

  • Asrini A. Saeni Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar
  • Ahmad Fauzy Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.2030

Kata Kunci:

Konten, Media Sosial, Strategi Promosi

Abstrak

Industri kuliner merupakan salah satu subsektor dari Industri ekonomi kreatif. Industri kuliner adalah salah satu penyumbang PDB terbesar pada Industri ekonomi kreatif, sehingga perkembangan industri kreatif memilik dampak yang baik pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM merupakan bagian pada perekonomian Indonesia, khususnya UMKM kuliner yang merupakan pelaku utama dari industri kuliner. Pandemi Covid-19 cukup memberikan dampak pada perekonomian Indonesia, termasuk UMKM kuliner yang juga terkena dampak dari pandemi. Mie Baraccung Makassar merupakan salah satu UMKM kuliner yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Strategi promosi dilakukan sebagai cara dalam pemulihan kondisi UMKM. Strategi promosi yang dilakukan melalui media sosial. Media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi, karena hampir semua pengguna internet menggunakan media sosial. Mie Baraccung Makassar menggunakan Instagram sebagai salah satu media sosialnya, namun Mie Baraccung Makassar belum mempunyai ide dalam pembuatan konten promosi dan tampilan feeds Instagram Mie Baraccung Makassar belum tertata dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi promosi dalam konten media sosial Mie Baraccung Makassar dalam bentuk konten promosi menggunakan desain grafis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif, dengan tujuan menggambarkan keadaan dan fenomena secara terperinci. Output dari penelitian ini merupakan konten promosi melalui media sosial dengan menggunakan desain grafis. Konten promosi ini juga berfungsi sebagai konten informasi mengenai produk dan layanan dari Mie Baraccung Makassar.

Referensi

Abdi, M. K., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif pada Masa Pandemi Covid-19. El Qist-Journal of Islamic Economics and Business, 10(2), 160-179.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142.

Anugrah, R. A., Wijaya, O., & Yudhanto, F. (2022). Pendampingan Penerapan Protokol Covid-19 pada UMKM Berbasis Kuliner. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.18196/ppm.43.697.

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. (2016). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Strategi Promosi, 1, 1-10.

Hu, Y., Manikonda, L., & Kambhampati, S. (2014). What we instagram: A First Analysis Of Instagram Photo Content and User Types. In Proceedings of the 8th International Conference on Weblogs and Social Media, ICWSM 2014 (pp. 595-598). (Proceedings of the 8th International Conference on Weblogs and Social Media, ICWSM 2014). The AAAI Press.

Island Media. (2021, Maret 22). Apa itu Konten yang Berkualitas untuk Media Sosial? From https://islandmedia.co.id/id/apa-itu-konten-yang-berkualitas-untuk-media-sosial/

Jayanegara, I. N., & Putra Yasa, I. W. A. (2019). DKV dalam Pusaran Industri Kreatif. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 77-83. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/213.

Kemenparekraf / Baparekraf RI. (2021, Agustus 6). Menparekraf: Kuliner Penyumbang Terbesar PDB Ekonomi Kreatif. Dipetik April 4, 2022, dari https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/menparekraf-kuliner-penyumbang-terbesar-pdb-ekonomi-kreatif/

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2021, September 27). Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Retrieved Mei 13, 2022 from https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Marsudiarso, J., & Susanto, A. A. (2022). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif Subsektor Kriya. Indonesian Journal of Industrial Research, 39(1), 87-100.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targetting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65-74.

Pane, D. N. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang ayahanda). Jumant, 9(1), 13-25.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 111-116.

Riadi, M. (2018, Desember 22). Aspek, jenis, tahapan dan faktor yang mempengaruhi minat beli. Retrieved Juni 8, 2022 from https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88.

Umam. (2021). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya. Dipetik Mei 17, 2022, dari gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

Universitas Gadjah Mada. (2019, September 4). Industri Kuliner Jadi Penopang Terbesar Perekonomian Kreatif Indonesia. Dipetik Mei 11, 2022, dari https://www.ugm.ac.id/id/berita/18389-industri-kuliner-jadi-penopang-terbesar-perekonomian-kreatif-indonesia

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targetting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perushaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 1(3),178-179.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05