INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK RUMAH MAKAN BONELO

Penulis

  • Ashar Muhammad Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar
  • Ummi Kalsum Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.2077

Kata Kunci:

Desain, Inovasi, Kemasan

Abstrak

Industri kuliner saat ini berkembang pesat di Indonesia salah satunya rumah makan yang mudah ditemui dengan berbagai hidangan makanan dan minuman.  Semakin berkembang bisnis rumah makan menyebabkan tingginya tingkat persaingan menuntut rumah makan melakukan inovasi agar mampu bertahan dalam dunia bisnis. Desain kemasan merupakan strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk bersaing dalam dunia bisnis. Rumah Makan (RM) Bonelo merupakan salah satu rumah makan yang ada di Kota Makassar. RM Bonelo memiliki permasalahan pada kemasan produk yang dimana kemasan makanannya kurang menarik dan gampang rusak sehingga pada penelitian menghasilkan output sebuah inovasi desain kemasan produk. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan wawancara dan observasi. Dengan adanya inovasi kemasan produk pada kemasan RM Bonelo dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Referensi

Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Ice Cream Aice di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 270-279.

Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIII (1), 1–44.

Klimchuk, M., & Krasovec, S. (2007). Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Lamalewa, F. (2018). Peranan Inovasi dalam Peningkatan Kinerja Usaha Kain Batik Papua pada Sanggar Waninggapnanggo di Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 9(1), 38–52.

Maflahah, I. (2012). Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura dalam Rangka Pengembangan IKM. Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 6(2), 118-122.

Nugraheni, M. (2018). Kemasan Pangan. Yogyakarta: Plantaxia.

Purba, Y. A., & Ciptandi, F. (2021). Pengembangan Produk Kerajinan Anyaman UKM Rajapolah melalui Penerapan Aplikasi Imbuh untuk Identitas Produk. e-Proceeding of Art & Design, 8(6), 3938–3948.

Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49.

Romli, M. E. (2006). Persepsi Pentingnya Inovasi dalam Organisasi atau Perseorangan. Jurnal Manivestasi, 1(2) 99–103.

Santoso, Y. R., Yuwono, E. C., & Tanudjaja, B. B. 2021. Perancangan Inovasi Kemasan Makanan Take away Eco-Friendly untuk Yeobi Café Bali. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 121-131.

Sari, A. Y., Sasongko, & Wahyuni, S. (2013). Inovasi Produk dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Pia Warung Glenmore Banyuwangi (Skripsi, Universitas Jember)

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syamsudin, Wajdi, F. M., & Praswati, A. N. (2015). Desain Kemasan Makanan KUB Sukarasa di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen. BENEFIT :Jurnal Management dan Bisnis, 19(2), 181–188.

Tjipto, S. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Widjaja, Y. R., & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. Malang: Yayasan Barcode.

Xiong, X., & Zhang, X. (2021). Sustainable Design on Packaging: a Case Study in a Chinese Town. Proceedings of the Design Society, 1, 2881-2890.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05