PENYUSUNAN ANALISIS JABATAN DAN ANALISIS BEBAN KERJA PADA SEKSI PENANGANAN FAKIR MISKIN PEDESAAN DI DINAS SOSIAL PROVINSI SULAWESI SELATAN

Penulis

  • Jessica F. Tonapa Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur, Politeknik STIA LAN Makassar
  • Reinita Az-zahra Malik Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1892

Kata Kunci:

Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, Informasi Jabatan

Abstrak

Terdapat sebuah kekeliruan dalam Analisis jabatan dan analisis beban kerja pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Analisis jabatan dan analisis beban kerja juga masih menggunakan format lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menyempurnakan analisis jabatan dan analisis beban kerja melalui rancangan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2020 pada Seksi Penanganan Fakir Miskin Pedesaan di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah karya analisis jabatan dan analisis beban kerja yang memuat 17 (tujuh belas) butir informasi jabatan dibuat dengan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja.

Referensi

Astianto, A., & Suprihadi, H. (2014). Pengaruh Stress Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kota Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(7), 1-17

Hasnur, R. K. (2019). Kebutuhan Tenaga Kerja Bagian TP2RJ Berdasarkan Beban Kerja Di RS Ibnu Sina YW-UMI (Karya Tulis Ilmiah, STIKES Panakkukang Makassar).

Kartiwan, A., & Mulyati, D. S. (2022, January). Usulan Perancangan Take Home Pay Berdasarkan Evaluasi Jabatan Menggunakan Metode Cullen Egan Dell (CED). In Bandung Conference Series: Industrial Engineering Science, 2(1), 228-238.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo.

Lamandasa, S. R. (2016). Analisis Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Analisis Jabatan dan Beban Kerja. Jurnal Ilmiah Ekomen, 16(1), 1-11.

Marnisah, L., & Zamzam, F. (2021). Manajemen Analisis Jabatan. Sleman: Penerbit Deepublish.

Pramesti, A.R., & Atmaja, H. E. (2021). Penyusunan Analisis Jabatan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Magelang. Buletin Bisnis & Manajemen, 7(1), 25-32.

Taggala, M. (2015). Analisis Jabatan. Yogyakarta: Kurnia Global Publishing.

Walintukan, F. L. (2016). Analisis Beban Kerja Sebagai Dasar Perencanaan Kebutuhan Sumberdaya Manusia. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(4).

Yurniati. (2016). Pengaruh Analisis Jabatan, Struktur Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Morowali. Jurnal Katalogis, 4(8), 109-117.

Zhuhri, A., & Mahbubah, N. A. (2021). Analisis Beban Kerja Karyawan Divisi Administrasi KJPP Edi Rianto Dan Rekan Cabang Gresik. Jurnal Profisiensi, 9(1), 1-8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05