PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN MANGGALA MELALUI PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Penulis

  • Andi Dalaiya Politeknik STIA LAN Makassar
  • Musdalifah Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2376

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Standar Operasional Prosedur

Abstrak

Pelayanan publik sebagai layanan yang berbentuk jasa maupun barang yang menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh pemerintah guna memenuhi kebutuhan masyarakat kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan. Apabila pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat efektif dan efisien maka masyarakat merasakan kualitas pelayanan yang baik dari penyelenggara pelayan publik sehingga, untuk dibutuhkannya Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai pedoman yang dapat mempermudah penyelenggara pelayanan dalam memberikan pelayan terkhususnya organisasi pemerintahan. Adanya Standar Operasional Prosedur, penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti. Pada penelitian bertujuan penyusunan Standar Operasional Prosedur pelayanan pada Kantor Kelurahan Manggala dalam meningkatkan kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur yaitu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan telaah dokumen. Penelitian ini menghasilkan karya yaitu Standar Operasional Prosedur, terdapat lima prosedur yang disusunkan SOP diantaranya, keterangan kematian, keterangan domisili sementara, keterangan tidak mampu, pengantar nikah dan keterangan usaha. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam penyusunan SOP yaitu melakukan penilaian kebutuhan dengan menentukan prosedur pelayanan yang akan dibuatkan, kemudian tahapan pembuatan SOP dengan mengumpulkan informasi yang terkait lalu dibuat sesuai dengan pedoman, terakhir review dan sosialisasi dengan pelaksana pemberi pelayan terkait dengan SOP yang telah dibuat.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Andra, A., Surya, I., & Dama, M. (2017). Efektifitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 6(2), 2477–8802458.

Azarah, A. F. (2023). Kualitas Pelayanan Publik di Kelurahan Sidotopo Wetan. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(1), 206–209.

Hermawan, D. S., Nugroho, F., Mulyani, S., & Haris Subarjo, A. (2022). Pengenalan Pentingnya dan Manfaat Standar Operasional Prosedur Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Ringan Secara Onlone. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(02), 112–129. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas

Irmawati, Wijaya, A. A. M., & Basir, Muh. A. (2022). Transparasi Pelayanan Publik dalam Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Labalawa Kecamatan Betoambari Kota Baubau. Journal of Government Science Studies, 1(2), 50–57.

Killis, A. P. (2015). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintahan Kecamatan Malalayang Kota Manado. Politico: Jurnal Ilmu Politik , 2(6), 1092. https://www.neliti.com/publications/1092/penerapan-standar-operasional-prosedur-dalam-pelaksanaan-tugas-pemerintah-kecama

Kota Makassar. Peraturan Walikota Makassar Nomor 115 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kelurahan.

Kusumadewi, R. N. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. BPR Majalengka Jabar. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 510–521. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur

Luas, J., Kimbal, M., & Singkoh, F. (2017). Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. Jurnal Eksekutif, 2(2).

Lutfia, P. L., & Indartuti, E. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Administrasi Kependudukan : Studi pada Kelurahan Gerbang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabya. Journal of Office Adminitration: Education Dan Practice, 2(3), 191–197. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa

Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), 33–39.

Nur’aini, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 2567–2574.

Nur’Aini, F. (2016). Pedoman Praktis Menyusun Standar Operating Procedure. Quadrant.

Palangda, L., & Dame, J. M. (2020). Penerapan Prinsip Good Governace Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 1(2), 273–287. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Agustina, M., Refelino, J., Tojiri, Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., & Sari, A. P. (2020). Pelayanan Publik . Yayasan Kita Menulis.

Rudiansyah, Y. A., Argenti, G., & Febriantin, K. (2021). Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi covid 19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Kinerja, 18(4), 513–520. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Sailendra, A. (2015). Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP. Cetakan Pertama. (Cetakan Pertama). Trans Idea Publishing.

Silvia, Marsuq, & Salasiah. (2021). Studi Tentang Kinerja Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Administrasi Publik, 1(2), 973–992.

Sugiyardi, agus. (2019). Urgensi Penerapan Good Governance Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik Yang Baik (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pamekasan). Public Corner, 14(2), 83–96.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Umam, K., Idris, A., & Riady, G. (2019). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda. EJournal Pemerintahan Integratif, 7(2), 266–275.

Wahongan, E. P. T., Dotulong, L. O. H., & Saerang, R. (2021). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP), Fasilitas dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di RSUD Noongan. Jurnal EMBA, 9(3), 41–51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-03