INSTAGRAM MARKETING CONTENT AS A PROMOTION MEDIA AT PT POS INDONESIA (PERSERO) KCU MAKASSAR 90000

Authors

  • Ayu Setianingsih Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik Politeknik STIA LAN Makassar
  • Murtafia Murtafia Program Studi Administrasi Bisnis Sektor Publik Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.1908

Keywords:

Sales Promotion, Marketing Content, Promotional Video

Abstract

The objective of the study was to create marketing content in the form of promotional videos based on drama stories used as a promotional strategy at KCU Pos Makassar 90000. This study applied qualitative descriptive approach. The data collected through document review and semi-structured interviews with a variety of stakeholders who can aid researchers in the study process. According to the findings of this study, the sales promotion indicators employed are promotional media, promotion time, frequency, promotion quality, quantity, and determination or compliance of promotional aims. Furthermore, it employs marketing content elements to be considered dependable, notably relevancy, informativeness, dependability, value, distinctiveness, emotions, and intelligence. As a result of this study, the KCU Pos Makassar 90000 Instagram account now has marketing content in the form of movies with drama plots that are used as promotional media. Marketing content in the form of videos with drama narratives is projected to be an effective promotional medium for introducing products and services at KCU Pos Makassar 90000 and can serve as a content reference for businesses.

 

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). "Hasil Survei Profil Internet Indonesia 2022". (Online) dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022).

Emelda. (2022). "Bauran Promosi: Pengertian, Alat-Alat Komunikasi Dalam Promotion Mix, Dan Komponen Bauran Promosi". Jurnal Adminika 8(1):30–47. (file:///C:/Users/USER/Downloads/278-512-1-SM%20(3).pdf)

Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). "Media Sosial Dianggap Mampu Melakukan Fungsi Dari Dauran Promosi Secara Terpadu Hingga Ke Tahap Transaksi". Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial 1(2):126–31. (https://doi.org/10.5281/ZENODO.4575272).

Genelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.

Gunawan, I. (2018). "Pengertian Dan Jenis Video". J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika) 2(1):57. (https://doi: 10.30645/j-sakti.v2i1.48).

Hidayat, D. (2020). "Optimisme Bisnis Jasa Kurir Di Masa Pandemi". (Online) dalam Info Brand. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://infobrand.id/optimisme-bisnis-jasa-kurir-di-masa-pandemi.phtml).

Hikam, H. A. A. (2019). "Penjelasan PT Pos Indonesia (Persero)". (Online) dalam Detik Finance. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4634359/sejarah-pt-pos-indonesia-yang-dikabarkan-mau-bangkrut).

Karnadi, A. (2022). "Pengguna Internet Di Indonesia Capai 205 Juta Pada 2022". (Online) dalam Dataindonesia.Id Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022).

Kotler, P., & Keller, K., Lane. (2006). Marketing Management. Prentice Hall International, Nortwestern University, New Jersey. Inc.

Meilyana, E. (2018a). "Marketing content: Pengertian Dan Content Memiliki Value General". Online) dalam Bbs.Binus.Ac.Id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/content-marketing/).

———.(2018b). "Tujuh Elemen Marketing content". (Online) dalam Bbs.Binus.Ac.Id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (http:/bbs.binus.ac.id).

Muharam, W. M. (2021). "Social Media Marketing: Pengertian Dan Indikator Penggunaan Media Sosial (4C)". Jurnal Manajemen Pemasaran 7(4):629.

Mulya, T. (2021). "Berbagai Macam Strategi Promosi". (Online) dalam Toffedev. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://toffeedev.com/blog/macam-macam-strategi-promosi-bisnis-yang-perlu-anda-ketahui/).

Nasrullah, Rulli. (2017). "Enam Kategori Besar Media Sosial". (Online) dalam Jurnal Anak Rantau. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://jurnalanakrantau3.wordpress.com/2019/01/19/media-sosial/).

Octafiany, D. N., & Nurfebiaraning, S.(2021). "Data Riset Dari GetCraft (2017), “Most Exciting Growth Opportunitines in Indonesia’s Digital Marketing in 2017". Dalam E-Proceeding of Management 8(6):8924–34.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). "Instagram: Pengertia, Lima Menu Utama, Bagian Instagram, Dan Aktivitas-Aktivitas Yang Dilakukan Instagram". dalam Jurnal Common 3(1):71–80. (https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950).

Rangkuti, F. (2009). "Pengertian Promosi Dan Strategi Promosi". Jakarta: CV Alfabeta.

Rheny, S. (2022). "Fitur Instagram Yang Dapat Digunakan Sebagai Media Promosi". (Online) dalam Ekrut Media. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://www.ekrut.com/media/ukuran-feed-instagram).

Riyanto, A. D. (2022). "Persentase Pengguna Platform Media Sosial 2022". (Online) dalam Andi.Link. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/).

Riyanto, S. S. D., & Rivaldi. A. (2017). "Pengertian, Teknik Pembuatan Video, Dan Fitur Video". Jurnal Cices 3(2):170–81. (https://doi: 10.33050/cices.v3i2.442).

Samhana, D. R. (2016)."Konten Menggunakan Alur Cerita Drama: Ciri Khas, Kelebihan, Kekurangan, Ragam Konten, Dan Tahapan Dalam Pembuatan Konten". (Online) dalam Repository.Amikom. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2022 (https://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_13.12.7174.pdf).

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial instagram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP, 4(2), 1-13.

Setiadi, H., & Wilyo, M. (2021). "Permasalahan PT Pos Indonesia Khususnya Dalam Bidang Operasional". Jurnal Bisnis Dan Pemasaran. (file:///C:/Users/USER/Downloads/1970-Article Text-3913-1-10-20220304 (1).pdf).

Wahyudi, S. (2021). "Aplikasi Digital Courier PosAja!". (Online) dalam Jppn.Com. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (https://www.jpnn.com/news/erick-thohir-jajal-keunggulan-aplikasi-posaja-untuk-kirim-paket-vitamin?page=4).

Wahyuni, S. (2021). "Tren Penggunaan Fitur Instagram Sebagai Media Promosi". (Online) dalam Repository. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022. (http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/13093/1/168530044 - Sri Wahyuni - Fulltext.pdf).

Yulianto, A. (2021). "Layanan Digital Pospay Sebagai Perkembangan Informasi Komunikasi Dan Teknologi Pos Indonesia: Keunggulan Dan Contoh E-Payment". (Online) dalam Republika.Co.Id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2022 (https://www.republika.co.id/berita/qymxpv396/pospay-dan-pos-aja-transformasi-digital-pos-indonesia).

Published

2023-11-13