PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN MACCINI SOMBALA KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Asmarianti Asmarianti Program Studi Administrasi Pembangunan Negara, Politeknik STIA LAN Makassar
  • Muhammad Ikram Nafiah. D Program Studi Administrasi Pembangunan Negara, Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1964

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Pelayanan Publik, Standar Operasional Prosedur

Abstrak

Salah satu ciri kepemerintahan yang baik yaitu dengan mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Dalam kehidupan bermasyarakat kinerja pelayanan publik memiliki pengaruh yang sangat besar. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan instansi pemerintahan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka perlu membangun sistem manajemen pelayanan publik yang terjamin. Kualitas layanan mempengaruhi kepuasan masyarakat dikarenakan masyarakat mengevaluasi kinerja pelayanan yang diberikan secara langsung. Salah satu aspek kunci untuk menciptakan birokrasi yang memiliki standar yang efektif, efisien dan terukur yaitu dengan diterapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk seluruh proses dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang SOP pelayanan yang ada di Kantor Kelurahan Maccini Sombala dalam meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pihak Kelurahan. Metode/mekanisme dari proses meneliti ini yang digunakan adalah jenis pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan informasi/data melalui penelitian langsung di lapangan, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini yaitu dalam perancangan SOP pelayanan di Kantor Kelurahan Maccini Sombala, terdapat 5 (lima) prosedur yang akan dibuat SOP diantaranya pelayanan Keterangan Domisili Sementara, Keterangan Tidak Mampu, Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan, Pengantar Nikah, dan Keterangan Usaha. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam perancangan SOP yaitu dimulai dari tahapan penilaian kebutuhan dengan menentukan prosedur pelayanan yang dianggap penting untuk dibuatkan, kemudian tahapan pembuatan SOP dengan mengumpulkan informasi yang terkait lalu didesain sesuai dengan pedoman. Dan yang terakhir melakukan review dan sosialisasi dengan membahas bersama dengan pelaksana pemberi layanan terkait rancangan SOP yang telah dibuat.

Referensi

Alandari, F. (2013). Peran Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kantor Bupati Kabupaten Berau. EJournal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 182–194.

Ambarwati, M. F., & Triana, M. (2012). Penerapan Format Baku Surat dalam Menunjang Keseragaman dan Efektifitas Korespondensi. Artes Liberalis Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(2), 157–180.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gishella, S. (2018). Analisis Penerapan Standart Operational Procedure Dalam Proses Produksi Pada PT Pertiwimas Adi Kencana, AGORA: Jurnal Mahasiswa Business Management, 6(2),1.

Husain, F., Kasnawi, T., Ramli, M., & Ardi, M. (2019) .The Implementation of Standard Operating Procedures and the Complaint Handling Service Quality of the Government Secretariat of Makassar City, Indonesia. The social Sciences Medwel Journals, 14(12), 392-398.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.

Mukhtar, P. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Sulistiani, A. S. (2016). Standar operasional prosedur (SOP) administrasi kependudukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan public di kecamatan sambutan. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 53–63.

Santosa, J. D. (2014). Lebih Memahami SOP (Standard Operation Procedure). Surabaya: Kata Pena.

Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 12(1), 56–66.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Wicaksana, W. R., Herdiyanti, A., & Susanto, T. D. (2016). Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) Manajemen Akses Untuk Aplikasi E-Performance Bina Program Kota Surabaya Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 Dan ISO 27002. SISFO, 6(1), 6.

Wulandari, R., & Sulistiningsih, E. (2013). Implementasi standar operasional dan prosedur pelayanan perizinan. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(3), 219–323

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-05