DESAIN ULANG KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA CORNER MT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi, sehingga menuntut penerapan strategi pemasaran yang adaptif dan inovatif. Salah satu aspek yang berperan penting dalam memengaruhi minat beli konsumen adalah desain kemasan produk. Corner MT sebagai UMKM kuliner yang telah beroperasi lebih dari satu dekade masih menggunakan desain kemasan yang relatif tidak mengalami perubahan, sehingga berpotensi menurunkan daya tarik produk di tengah perubahan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses desain ulang kemasan produk pada Corner MT serta implikasinya terhadap peningkatan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pemilik dan karyawan, kuesioner kepada konsumen, serta dokumentasi. Proses desain ulang kemasan dilakukan menggunakan pendekatan design thinking yang meliputi tahapan identifikasi masalah, analisis masalah, pengembangan ide atau konsep, evaluasi, dan penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain ulang kemasan dari bahan kertas kraft coklat menjadi kemasan berbahan kingstruk dengan penggunaan warna cerah, elemen visual ilustratif, tipografi yang mudah dibaca, serta penambahan informasi usaha mampu meningkatkan daya tarik visual produk dan membentuk persepsi kualitas yang lebih baik. Tanggapan konsumen menunjukkan bahwa kemasan baru dinilai lebih modern, menarik, dan fungsional, serta mampu mendorong peningkatan minat beli. Dengan demikian, desain ulang kemasan berbasis design thinking dapat menjadi strategi yang efektif bagi UMKM kuliner dalam meningkatkan daya saing produk.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aditya, & Masnuna. (2024). REDESAIN KEMASAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PENTOL DARURAT. Prosiding SNADES, 11(2), 59–104.
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDARITAS, 4, 69–76.
Delfitriani, D., Uzwatania, F., & Diki. (2022). Pengembangan Konsep Desain Kemasan Produk Handsanitizer dengan Pendekatan Kansei Engineering. 8, 13–20.
Erlyana, Y., & Jeremy. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat dalam Program Bedakan ; Redesain Identitas Jenama dan Kemasan Produk Kopi Srikandi Community Service of Bedakan Program ; Redesign of Brand Identity and Packaging of Srikandi Coffee Products. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 7(1), 62–71.
Fawaiz, A. (2024). Kepuasan Masyarakat : Perubahan Minat Beli Konsumen Terhadap Manajemen Bisnis Online.
Ginting, C., & Hartati, F. A. (2023). Analisis Minat Beli Konsumen Berdasarkan Kemasan Produk Makanan dan Minuman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28195–28203.
Hasanah, U., Indah, W., & Diva, R. A. P. (2023). Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Ukm Kerupuk Pattola UntukMeningkatkan Pendapatan Desa Gadingsari. Jurnal AGRIFO, 8(1).
Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain Kemasan Dalam Meningkatkan Brand Awarness Produk Unggulan Ukm Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 212–220. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8338
Ismail, R. R., & Dermawan, R. (2023). Pendampingan Pengembangan Kemasan Untuk Membangun Identitas Produk Bagi UMKM Di Kelurahan Turi, Kota Blitar. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(2), 135–142.
Israr, A. A., & Kamariah, N. (2023). Strategi Pengembangan Produk Melalui Perancangan Desain Kemasan Baru Pada Umkm Warcok. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2), 204–222. https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2357
Lestari, N. P. E. B., Santosa, N. A., & Suharno, A. R. (2022). Peran Ilustrasi Bertema Indonesia Pada Produk Minuman Terhadap Respon Emosi Konsumen Dalam Membeli Dan Memahami Produk. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.972
Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis pengaruh desain kemasan dan brand image kopi Good Day pada minat beli konsumen. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–9.
Miswanto, E. A., Pratama, H., Khasanah, M., Nidzar, S., & Mazia, L. (2023). Implementasi Design Thinking Untuk Business Sustainability Usaha Gokil (Gosok Kilat Laundry). Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(2), 52–58. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4315
Novitasari, L. (2024). Studi Komparasi Desain Kemasan Lama Vitacimin dengan Desain Kemasan Terbaru Versi Tahun 2016 Varian Fresh Lemon. Jurnal Desain, 11(2), 385. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.17907
Partiwi, A., & Arini, E. (2024). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2691–2697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3793
Pramesti, R. D., Anggarini, A., Salma, L., & Postha, A. K. R. (2023). Pengaruh penggunaan warna pada desain kemasan makanan khas daerah terhadap persepsi konsumen. Sniv: Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2(1), 174–180.
Putra, N. N., Purwidiani, N., Kristiastuti, D., & Nur, C. A. (2020). Analisis Jenis Dan Desain Kemasan Snack Keripik Singkong Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Tata Boga, 9(2), 701–707.
Rahmah, U., & Iryanti, E. (2023). Optimasi Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding UMKM Iborajut. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 98–105.
Rahmat, R., & Anastasia, A. (2023). Pengembangan Kemasan Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Pada Umkm Kopi 919. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1906
Sappeami, Husain, Sapri, Irwandi, Baharuddin, & Himawan, F. (2025). PENDAMPINGAN PEMBUATAN KEMASAN PADA USAHA GULA AREN DI DESA RAPPANG. 07(02), 1–23.
Septiyadi, A. L., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.
Wibowo, K. Q., & Utami, M. P. (2023). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Minat Beli Remaja Di Tokopedia. Jurnal Media Administrasi, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.455