MERUMUSKAN STRATEGI LOYALITAS BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS PADA WIRSKOPI 1.0
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan ketat dalam industri kafe di Makassar berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan terdapat jumlah UMKM yang mencakup kafe pada Tahun 2022 sebanyak 2.458 unit, sementara pada Tahun 2023 jumlahnya mencapai 4.313 unit, hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dan membuat persaingan semakin ketat. Hal ini juga menuntut setiap pelaku usaha untuk tidak hanya menarik pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan loyalitas pelanggan yang telah ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat membangun dan membentuk loyalitas pelanggan melalui survei kepuasan pelanggan pada Wirskopi 1.0. Metode yang digunakan adalah mix method dengan memadukan pengumpulan data melalui kusioner untuk mendapatkan data kuantitatif dan wawancara untuk mendapatkan data kualititatif, serta observasi untuk mendapatkan data fisik dan pengalaman di lokasi. Sehingga data yang diperolah mengenai persepsi, pengalaman, dan harapan pelanggan secara utuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak utama loyalitas pelanggan pada Wirskopi 1.0 adalah kualitas produk yang konsisten, suasana kafe yang nyaman, pelayanan yang ramah dan harga yang terjangkau. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa adanya harapan pelanggan terhadap inovasi menu secara berkala, penyediaan fasilitas pendukung, serta minat pelanggan terhadap promo dan diskon. Saran kepada manajemen Wirskopi 1.0 untuk melakukan inovasi menu secara rutin, meningkatkan fasilitas sesuai kebutuhan pelanggan serta menciptakan promo dan diskon agar mampu mempertahankan dan meningkatkan loyalitas ditengah persaingan industri kafe yang ketat.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abhiwibawa, Fabian et al. 2023. “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi.” 6(1): 347–61.
Apriyani, d, A, dan Sunarti. 2017. “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo).” Jurnal administrasi bisnis (jab) 51(2): 1–7. www.bisnissurabaya.com.
bps.co.id. 2024. “Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi Sulawesi Selatan 2022/2023.” bps.co.id. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah-perusahaan-industri-skala-mikro-dan-kecil-menurut-provinsi.html (Maret 6, 2025).
Hilmi Akbar, Maulana Alfarisi, Ryan Fithan Maulidiansyah, Devita Maya Sari, Annisa Wahyuni Arysad. 2024. “Manfaat Survei Kepuasan Pelanggan Bagi Masyarakat Untuk Menunjang Keberlanjutan Bisnis Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.” 5(3): 3146–56.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajement Pemasaran. Cetakan 1. PT. Erlangga.
Prastika, nadya ayu. 2022. “strategi survei kepuasan pelanggan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada pt gojek indonesia skripsi diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polit ik Universitas Medan Area.” Ilmu Komunikasi: 1–8.
Sari, Silvia Permata, dan Rizky Abdulah. 2018. “Survei kepuasan pelanggan farmasi poliklinik di rumah sakit di Indonesia.” Farmaka 16(2): 71–79. http://jurnal.unpad.ac.id/farmaka/article/view/17928.
Toffin Indonesia. 2024. “Alasan Coffee Shop Jadi Favorit Anak Muda Buat Nongkrong.” Toffin Indonesia. https://insight.toffin.id/bisnis/alasan-coffee-shop-jadi-favorit-anak-muda-buat-nongkrong/ (Maret 6, 2025).
Wardhana, Aditya. 2025. “Faktor-Faktor Penghambat Bisnis Coffee Shop di Indonesia.” (February).
Zulvia, Pepi, Niko Dwi Haryanto, dan Anas Alrasyid Putrawidya Buana. 2022. “Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi Di Kompas.Com.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 26(2): 81–94.