ANALISIS KELAYAKAN DAN KEBERLANJUTAN USAHA PADA NOTIONBOX CV KOTAK KREATIF INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kelayakan dan keberlanjutan bisnis NotionBox, sebuah agensi kreatif yang berada di bawah naungan CV Kotak Kreatif Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan pemanfaatan data primer dan sekunder. Penilaian kelayakan usaha mencakup lima aspek utama, yaitu aspek hukum, pemasaran dan pasar, teknis operasional, manajerial dan organisasi, serta aspek keuangan. Analisis finansial dilakukan melalui pendekatan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), Average Rate of Return (ARR), dan Profitability Index (PI), yang secara keseluruhan menunjukkan bahwa usaha ini layak secara ekonomi. Selain itu, keberlanjutan usaha dinilai melalui tiga dimensi penting: ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa NotionBox tidak hanya layak dijalankan dari segi bisnis, tetapi juga memiliki landasan yang kuat untuk bertahan dalam jangka panjang.
Kata Kunci : agensi kreatif, kelayakan usaha, keberlanjutan usaha, industri kreatif
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdullah, R. M. Y. (2023). Ekonomi Kreatif Dan Potensi Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Industri Kreatif. JMEB: Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(2).
Ade. (2025, March 17). Sustainability: Apa Yang Dimaksud Dengan Keberlanjutan Dalam Bisnis? Nationa Geographic Indonesia. Https://Nationalgeographic.Grid.Id/Read/134227581/Sustainability-Apa-Yang-Dimaksud-Dengan-Keberlanjutan-Dalam-Bisnis?Page=All
Agustin, R., Aini, S. N., Romaisyah, L., Rizky, S., & Lestari, M. (2024). Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis Dalam Keputusan Ekspansi (Studi Kasus Batik Lochatara Kediri). Jurnal Management Ekonomi Dan Akuntansi, 13, 2.
Ahmadi, A. K., Fakhira, D., Sahfira, N. I., Siahaan, R. N., Syahputri, N., & Sihotang, M. K. (2025). Analisis Aspek Pasar Sebagai Pilar Utama Dalam Studi Kelayakan Bisnis Untuk Mendukung Keberlanjutan Usaha. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 3(1), 209–221. Https://Doi.Org/10.59024/Jumek.V3i1.530
Alexander, M. J. S., Soegoto, A. S., & Roring, F. (2022). STRATEGI SEGMENTING TARGETING POSITIONING TERHADAP VOLUME PENJUALAN UNIT MOBIL MITSUBISHI XPANDER DI PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR MANADO. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 22(1).
Aziz, M. A., & Djunaedi, A. (2022). Tahapan Perkembangan Kota Makassar Menuju Smart City Tahun 2015-2020. Jurnal Sinar Manajemen, 09(02).
Azzahra, R. (2023). Studi Kelayakan Bisniscv. Walattasi Berkah Utama. Politeknik STIA LAN Makasssar.
Correia, M. S. (2018). Sustainability: An Overview Of The Triple Bottom Line And Sustainability Implementation. International Journal Of Strategic Engineering, 2(1), 29–38. Https://Doi.Org/10.4018/Ijose.2019010103
Dwi Kristanto, F., Susyanti, J., & Salim, M. A. (2016). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Keuangan Produk Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada Distro Powernoise Merch) Kabupaten Malang. Www.Fe.Unisma.Ac.Id
Edema, A. J., Abosede, U. A., & Edet, S. E. (2018). An Exploration Of Practical Challenges Of Implementing Feasibility Studies In Smes In Cross River State, Nigeria. In International Journal Of Small Business And Entrepreneurship Research (Vol. 6, Issue 1). Online. Www.Eajournals.Org
Fitriani, R. (2017). Aspek Hukum Legalitas Perusahaan Atau Badan Usaha Dalam Kegiatan Bisnis. Jurnal Hukum Samudera Keadilan, 12.
Hanindo Communication. (2022). 7 Creative Agency Untuk Membantu Marketing Kreatif Bisnis Anda. Hanindo Communication. Https://Www.Hanindo.Co.Id/Post/7-Creative-Agency-Untuk-Membantu-Marketing-Kreatif-Bisnis-Anda
Ismail, A. H. (2023). Studi Kelayakan Bisnis Untuk Pengembangan Usaha Pada Pt. Talenta International Tourism. Politeknik STIA LAN Makassar.
Karo Karo, J. K., Siagian, Y., Hidayat, N., Aprianti Sinurat, N., & Angkat, F. (2025). Studi Kelayakan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang “Berkah Water.” Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2).
Kasmir, & Jakfar. (2017). Studi Kelayakan Bisnis (13th Ed.).
Kemenparekraf. (N.D.). Subsektor Ekonomi Kreatif. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.
Kemenperin RI. (2017, September 29). Mengawinkan Budaya Dan Teknologi Dalam Industri Kreatif. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Https://Bdiyogyakarta.Kemenperin.Go.Id/Blog/Post/2017/09/10/24/Mengawinkan-Budaya-Dan-Teknologi-Dalam-Industri-Kreatif
Klikhijau. (2024). Mengenal 3 Pilar Utama Sustainability (Keberlanjutan) • Klik Hijau. Klikhijau.Com. Https://Klikhijau.Com/Mengenal-3-Pilar-Utama-Sustainability-Keberlanjutan/
Matiza, V. M. (2020). The Role Of Creative Industries In Economic Development: The Human Factor Development Approach. African Journal Of Inter/Multidisciplinary Studies.
Muzakkir, Ahmad, Naim, Y., & Yusri. (2024). The Impact Of Digital Transformation On The Creative Economy: Opportunities And Challenges For Small And Medium Enterprises. Jurnal Ekonomi, 13. Https://Doi.Org/10.54209/Ekonomi.V13i04
Nasrul, E. (2025, April 11). RI 3 Besar Ekonomi Kreatif Dunia, Pengamat: Gen Z Penggerak Utama Inovasi | Republika Online. Https://News.Republika.Co.Id/Berita/Suiuwd451/Ri-3-Besar-Ekonomi-Kreatif-Dunia-Pengamat-Gen-Z-Penggerak-Utama-Inovasi-Part3
Permana, R. M. T., Rohandi, M. M. A., & Nugraha, Y. D. (2021). New Business Model For Creative Agency Through Influencer Marketing. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 18(2). Https://Doi.Org/10.29313/Performa.V17i1.8101
Pertiwi, N. (2020). Penilaian Tingkat Keberlanjutan Permukiman Di Kelurahan Manggar Baru. Institut Teknologi Kalimantan.
Putra, K. S. W., Udayana, A. A. G. B., & Trinawindu, I. B. K. (2023). Peran Agensi Kreatif Sebagai Marketing Dan Branding Perusahaan Atau Umkm Di Era Digital.
Putri, M. K., Rahman, J. S. F. R., Nursyifa’, F. A., Alfarisi, S., Putro, T. G. S., & Agustin, R. (2019). Analisis Segmentasi Pasar Dalam Penggunaan Produk Viefresh Di Wilayah Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya: Vol. Xvii (Issue 2).
Rachmasari, D. (2024). Keberlanjutan Bisnis Di New Normal Dengan Instagram Marketing. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 16(1), 41–52. Http://Jurnal.Ukdc.Ac.Id/Index.Php/BIP
Rahman, J. (2021). Jenisdatapenelitianjamalhabiburrahman.
Saerang, R. T., Gunawan, E. M., & Rogi, M. (2024). Peranan Transformasi Digital Pada Keberlangsungan Usaha UMKM Di Kota Manado. 2024(2), 169–184. Https://Doi.Org/10.52682/Mk.V5i2.10527
Setiyawan, A. N., Utami, I. W., & Saputro, F. W. (2023). Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Minat Beli Konsumen Di Dodolan Coffee Solo. 1(3).
Sobana, D. H. (2018). Studi Kelayakan Bisnis.
Subagja, I. K. (2017). Creative Industry Competitiveness In Indonesia (Study On Creative Industry Map).
Supinardi, B., & Purwantoro, N. (2024). Analisis Bibliometrik Industri Kreatif Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (EKOBIL), 3(2), 23–31. Https://Jurnal.Smartindo.Org/Index.Php/Ekobil
Syawal, L. M., Hidayat, M., & Latief, F. (2020). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA "LAODE GALERI’’ DI MAKASSAR. Https://E-Jurnal.Stienobel-Indonesia.Ac.Id/Index.Php/Jbk
Uddin, S. (2022). Industri Kreatif. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/358901068