PEDOMAN PENULISAN JURNAL ADMINISTRASI TERAPAN

 

Pengajuan Naskah

Naskah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Administrasi Terapan meliputi artikel penelitian terapan dan hasil kajian konseptual. Penulis harus menjamin bahwa artikel belum diterbitkan di tempat lain. Artikel harus ditulis dalam bahasa Indonesia disertai abstrak bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan istilah yang baku dan bahasa yang baik dan benar, yang akan dikoreksi oleh seorang ahli bahasa Indonesia dan seorang ahli bahasa Inggris. Redaksi tidak akan menerima naskah yang memiliki kekurangan dalam hal istilah yang tidak baku, bahasa penulisan yang tidak baik dan benar, maupun kesalahan pengetikan. Redaksi tidak berkewajiban untuk mengembalikan artikel yang ditolak.

 

Adapun ketentuan yang wajib diperhatikan oleh penulis yaitu:

  1. Naskah diketik dengan program Microsoft Word di atas kertas ukuran A4 sekitar 3500-5000 kata (tidak termasuk judul, abstrak, dan referensi). Margin 2 cm untuk sisi kiri, kanan, dan bawah), margin 3 cm untuk sisi atas.
  2. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran huruf menyesuaikan dengan bagian-bagian jurnal.
  3. Hindari penulisan menggunakan nomor atau poin-poin (bullet and numbering).
  4. Tabel disajikan rata tengah (center alignment), dan pada kolom tabel tidak menggunakan garis
  5. Penulis diwajibkan menyesuaikan naskah artikel dengan format template Jurnal Administrasi Terapan.
  6. Tulisan yang masuk akan dilakukan uji Tingkat plagiasi yang ditoleransi adalah maksimal 25%. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi diatas 50% maka akan langsung ditolak oleh redaksi. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi 25%-50% akan diminta untuk merevisi artikel. Dalam menguji plagiasi, redaksi menggunakan aplikasi Turnitin.
  7. Mengunggah jurnal pada website Jurnal Administrasi Terapan dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada jurnal.
  8. Seluruh proses review akan menggunakan akun yang telah
  9. Demi kelancaran proses review, bagi penulis yang telah melakukan submission artikel dipersilahkan menghubungi 085256007637 via whatsapp.

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

  1. Judul dan Sub Judul Artikel (jika ada sub judul)
  2. Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis
  3. Abstrak (Indonesia) dan Abstract(Inggris)
  4. Pendahuluan
  5. Kajian Literatur
  6. Metode Penelitian
  7. Hasil Penelitian
  8. Pembahasan
  9. Kesimpulan & Saran
  10. Referensi

Penjelasan Sistematika Penulisan sebagai berikut:

Judul & Sub Judul

Judul dan sub judul disajikan dengan 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) dan tidak lebih dari 18 kata serta mencerminkan substansi penelitian (14 pt, bold)

Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis

Nama Penulis harus lengkap tanpa menggunakan gelar. (12 pt, bold)
Lembaga afiliasi/instansi ditulis lengkap termasuk Kabupaten/Kota instansi (11 pt)
Email kontak harus aktif (11 pt)

Abstrak (Indonesia) dan Abstract (Inggris)

Abstrak (11pt, Bold)

Abstrak merupakan gambaran dari isi artikel yang memuat urgensi, tujuan, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran. Abstrak disusun maksimal 250 kata. Abstrak berisi ringkasan singkat dari tulisan, meliputi seluruh naskah tanpa terlalu rumit pada setiap bagian. Hindari singkatan apa pun, kecuali itu adalah pengetahuan umum atau sebelumnya telah dinyatakan. (Times New Roman, 11 pt)

Kata Kunci (11 pt Bold): kata kunci satu, kata kunci dua, kata kunci tiga (dst, sampai maksimal 5 kata kunci, 11pt)

Abstract (11 pt, Bold, italic)

Abstract is the essence of the article content. It contains the summary of the whole text without taking too much detail on each part of the text.Avoid writing any acronym except it is widely known or has been stated before. (11 pt Italic)

Keywords (11 pt, Bold, italic): first keywords, second keywords, third keywords (and so on, to the maximum 5 keywords, 11 pt italic)

 

Pendahuluan (12 pt, Bold)

Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Pada pendahuluan, latar belakang harus jelas dan mendeskripsikan masalah/fenomena yang akan dibahas dalam manuskrip. Latar belakang juga disusun berkaitan dengan urgensi penelitian. Bagian akhir pendahuluan menulis tujuan penelitian yang mendeskripsikan indikasi ke arah mana penelitian itu dilakukan. (12 pt, Spasi 1,5)

Kajian Literatur (12 pt, Bold)

Kajian Literatur berisi mengenai frame teori yang digunakan dalam menganalisis permasalahan penelitian dan karya yang dihasilkan. Kajian Literatur yakni elaborasi hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan artikel Anda dan kebaruan penelitian yang Anda tawarkan. Gunakan hanya referensi yang benar-benar mendukung pembahasan. Referensi dikutip/dirujuk dengan menggunakan body note (catatan perut) yang  hanya mencantumkan tahun referensi yang dikutip/dirujuk. (12 pt, Spasi 1,5).

Metode Penelitian (12 pt, Bold)

Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam penelitian dan penyusunan karya. Bagian ini berisi jenis data, sumber data, metode pengumpulan data, dan validasi data yang digunakan dalam menyusun karya, serta prosedur penyusunan karya.  (12 pt Spasi 1,5).

Hasil Penelitian (12pt, Bold)

Bagian ini berisi deskripsi data hasil penelitian dan pemaparan ringkas tentang karya yang dihasilkan. Jangan mengulangi rincian metode  dalam bagian ini, yang telah disebutkan dalam bagian metode. Bagian ini dapat dilengkapi dengan tabel, gambar, maupun grafik. Tabel, gambar, dan grafik harus diberi nomor secara berurutan. Setiap tabel, gambar, dan grafik harus dikutip pada teks. Panah harus diberikan untuk menunjuk benda-benda tertentu. (12 pt Spasi 1,5).

Kesimpulan (12pt, Bold)

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari tujuan penelitian dan karya yang dihasilkan. Bagian ini juga memuat rekomendasi untuk pengembangan penelitian berikutnya. (12 pt Spasi 1,5).

Referensi (12pt, Bold)

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus ditulis di bagian Referensi. Referensi harus berisi pustaka- pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Sedangkan 20% dapat berisi artikel penelitian atau laporan penelitian (skripsi, tesis, buku, dan publikasi lainnya yang relevan). Dokumen, surat kabar, dan sumber lainnya cukup dicantumkan dalam teks artikel tanpa perlu mencantumkan dalam referensi.

Redaksi Jurnal Administrasi Terapan sangat menganjurkan untuk menggunakan referensi primer saja (mengutip sumber aslinya) dan mengutamakan sumber referensi dari Jurnal yang minimal ber-ISSN, kecuali  untuk artikel hasil penelitian pustaka maupun kajian konseptual dapat mengutamakan sumber referensi dari buku. Referensi ditulis menggunakan spasi 1 dan disusun menurut abjad dengan menggunakan gaya referensi APA 6th Edition. Direkomendasikan  menggunakan aplikasi Mendeley atau sejenisnya.