Pendekatan Sistem Dalam Menjaga Mutu Pelayanan Pada Rawat Inap Sampuria Puenya Puskesmas Pandauke Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Utara

Authors

  • Fitriah Ningsih RSUD Kabupaten Morowali
  • Alam Tauhid Syukur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
  • Najmi Kamariah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v21i2.24

Keywords:

Mutu pelayanan, pendekatan sistem, rawat inap, puskesmas, Kabupaten Morowali Utara

Abstract

Abstrak : Puskesmas merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat, dalam hal ini pelayanan Rawat Inap diharapkan mampu memberikan pelayanan yang bermutu dan menyeluruh berdasarkan dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan pendekatan sistem dalam menjaga mutu pelayanan pada Rawat Inap Sampuria Puenya Puskesmas Pandauke Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif- deskriptif yakni mengetahui, menjelaskan, dan mendiskripsikan mutu pelayanan Rawat Inap Sampuria Puenya. Sampel dalam penelitian adalah sebagian petugas dan pasien pada Rawat Inap Sampuria Puenya Puskesmas Pandauke dengan jumlah informan sebanyak 9 informan terdiri dari 6 informan petugas dan 3 orang informan pasien dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen. Pengolahan data diambil dari data primer yang bersumber dari wawancara, data sekunder melalui analisis teoritis yang bersumber dari buku, laporan, dan foto-foto, dan hasil observasi melalui reduction, display, dan conclusion drawing verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sistem dalam menjaga mutu pelayanan pada Rawat Inap Sampuria Puenya Puskesmas Mamosalato Kabupaten Morowali Utara dilihat dari aspek masukan (input), aspek proses (process), dan aspek hasil (outcome) belum maksimal.

Kata kunci : mutu pelayanan, pendekatan sistem, rawat inap, puskesmas, Kabupaten Morowali Utara.

 

Abstract : Public Health Centre is part of the health care system provided to the community, in this case Inpatient services that are capable to provide quality services and full services, based on standards and procedures that have been set. The purpose of this study is to determine and explain the systems approach in maintaining the quality of services for Inpatients in Sampuria Puenya Pandauke Health Centre of Mamosalato Sub District at North Morowali Regency. This type of research uses descriptive qualitative research method of knowing, explaining and describing quality of Inpatient Services at Sampuria Puenya Pandauke Public Health Centre. Samples are some officers and Inpatients of Sampuria Puenya Pandauke Public Health Centre with a number of informants as much as 9 informants which consists of 6 officers and 3 inpatients. Technique of collecting data is observation, interviews and document analysis. Data is presented by processing primary data through interviews and secondary data processing through theoretical analysis from books, reports, photographs, data and observations and analysis of data through data reduction, display, and conclusion drawing verification. The results show that the system approach in maintaining the quality of services in Inpatient Sampuria Puenya Panauke Health Center at Mamosalato Sub District of North Morowali Regency can be seen from: (a) Aspects of the inputs, Aspects of the processes, and the aspect of the results (outcome) that have not been maximized.

Keywords : Services Quality, System Approach, Inpatient, Public Health Centre, Morowali Regency

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Assaf, F, A. 2009. Mutu Pelayanan Kesehatan (Perspektif Internasional), Buku Kedokteran

Alamsyah, Dedi. 2011. Menejemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Nuha Medika.

Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Miles, B Matthew dan Huberman, Michael, A. 2014. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber-Sumber Tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: Universitas Indonesia (UI- Press).

Muninjaya, Gde, A, A.1999. Manajemen Kesehatan. Edisi Pertama. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Parasuraman, A. Valeria. 2001. Delivering Quality Service. Terjemahkan: Sutanto. New York: The Free Press.

Pohan, S, Imbolo. 2004. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-dasar, Pengertian, dan Penerapan. Jakarta: Buku Kedoktera EGC.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Saleha, Sitti dan Satrianegara Fais. 2009. Buku Ajaran Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Serta Kebidanan.

Winarsi, Septi Atik, Ratminto. 2005. Manejemen Pelayanan; Pengembangan Model Konsepsual, Penerapan Citize’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Jogja: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2015-08-05

How to Cite

Ningsih, Fitriah, Alam Tauhid Syukur, and Najmi Kamariah. 2015. “Pendekatan Sistem Dalam Menjaga Mutu Pelayanan Pada Rawat Inap Sampuria Puenya Puskesmas Pandauke Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Utara”. Jurnal Administrasi Negara 21 (2):62-69. https://doi.org/10.33509/jan.v21i2.24.