Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ADMINISTRASI NEGARA

Pengajuan Naskah

Naskah yang akan diterbitkan dalam JAN meliputi artikel hasil penelitian, hasil penelitian terapan, hasil penelitian pustaka, maupun hasil kajian konseptual. Penulis harus menjamin bahwa artikel belum diterbitkan di tempat lain.

Artikel harus ditulis dalam bahasa Indonesia disertai abstrak bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan istilah yang baku dan bahasa yang baik dan benar, yang akan dikoreksi oleh seorang ahli bahasa Indonesia dan seorang ahli bahasa Inggris.

       Adapun ketentuan yang wajib diperhatikan oleh penulis yaitu:

  1. Naskah diketik dengan program Microsoft Word di atas kertas HVS ukuran A4 sekitar 6000-6500 (tidak termasuk judul, abstrak, dan referensi). Margin 2 cm (sisi kiri, kanan, atas dan bawah).
  2. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran huruf menyesuaikan dengan bagian-bagian jurnal.
  3. Jarak pemisah antar kolom 1 cm.
  4. Hindari penulisan menggunakan nomor atau poin-poin (bullet and numbering).
  5. Tabel disajikan rata tengah (center alignment), dan pada kolom tabel tidak menggunakan garis vertikal.
  6. Penulis diwajibkan menyesuaikan naskah artikel dengan format template jurnal Administrasi Negara.
  7. Tulisan yang masuk akan dilakukan uji plagiasi. Tingkat plagiasi yang ditoleransi adalah maksimal 25%. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi diatas 50% maka akan langsung ditolak oleh redaksi. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi 25%-50% akan diminta untuk merevisi artikel. Dalam menguji plagiasi, redaksi menggunakan aplikasi
  8. Mengunggah jurnal pada website Jurnal Administrasi Negara dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada jurnal.
  9. Seluruh proses review akan menggunakan akun yang telah teregistrasi.
  10. Demi kelancaran proses review, bagi penulis yang telah melakukan submission artikel dipersilahkan menghubungi 085343693346 via whatsapp.

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

  1. Judul dan Sub Judul Artikel (jika ada sub judul)
  2. Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis
  3. Abstrak (Indonesia) dan Abstract(Inggris)
  4. Pendahuluan
  5. Kajian Literatur
  6. Metode Penelitian
  7. Hasil Penelitian
  8. Pembahasan
  9. Kesimpulan & Saran
  10. Referensi

Penjelasan Sistematika Penulisan sebagai berikut:

Judul & Sub Judul

Judul dan sub judul disajikan dengan 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) dan tidak lebih dari 18 kata serta mencerminkan substansi penelitian (14 pt, bold)

Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis

Nama Penulis harus lengkap tanpa menggunakan gelar. (12 pt, bold)
Lembaga afiliasi/instansi ditulis lengkap termasuk Kabupaten/Kota instansi (11 pt)
Email kontak harus aktif (11 pt)

Abstrak (Indonesia) dan Abstract (Inggris)

Abstrak merupakan gambaran dari isi artikel yang memuat urgensi, tujuan, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran. Abstrak tersusun dari maksimal 250 kata. Abstrak berisi ringkasan singkat dari tulisan, meliputi seluruh naskah tanpa terlalu rumit pada setiap bagian. Hindari singkatan apa pun, kecuali itu adalah pengetahuan umum atau sebelumnya telah dinyatakan. (11 pt)

PENDAHULUAN (12 pt, Bold)

Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Pada Pendahuluan, latar belakang  harus jelas dan mendeskripsikan masalah/fenomena yang akan dibahas dalam manuskrip. Latar belakang juga disusun berkaitan dengan urgensi penelitian. Bagian akhir pendahuluan menulis tujuan penelitian yang mendeskripsikan indikasi ke arah mana penelitian itu dilakukan. (12 pt, Spasi 1,5)

KAJIAN LITERATUR (12 pt, Bold)

Kajian Literatur berisi mengenai frame teori yang digunakan dalam menganalisis permasalahan penelitian. Kajian Literatur yakni elaborasi hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan artikel Anda dan kebaruan penelitian yang Anda tawarkan.  Gunakan hanya referensi yang benar-benar mendukung pembahasan. Referensi dikutip/dirujuk dengan menggunakan body note (catatan perut) yang hanya mencantumkan tahun referensi yang dikutip/dirujuk. (12 pt, Spasi 1,5)

METODE PENELITIAN (12 pt, Bold)

Bagian ini harus berisi informasi teknis yang memadai untuk memungkinkan penelitian dilakukan dengan baik. Baik penelitian empiris, penelitian terapan, penelitian pustaka, maupun kajian konseptual harus mencantumkan metode penelitian yang digunakan. Mulai dari pendekatan penelitian, desain penelitian, sumber data, teknik dan instrumen pengumpulan data, maupun teknik pengolahan dan analisis data. (12 pt Spasi 1,5).

HASIL PENELITIAN (12 pt Bold)

Bagian ini hanya berisi hasil penelitian, sebutkan data secara jelas dan tepat. Jangan menyatakan referensi, atau mendiskusikan hasilnya. Jangan mengulangi rincian metode dalam bagian ini, yang telah disebutkan dalam bagian metode. Jangan gunakan terlalu banyak tabel dan grafik jika dapat dijelaskan secara singkat dalam teks utama. Sarana dalam tabel dan grafik harus diberikan standar deviasi. Batasi penggunaan foto. Gambar dan tabel harus diberi nomor secara berurutan. Setiap angka dan tabel harus dikutip pada teks. Tambahkan skala pengukuran pada foto jika diperlukan, panah harus diberikan untuk menunjuk benda-benda tertentu. (12 pt Spasi 1,5).

PEMBAHASAN (12 pt Bold)

Bagian ini berisi diskusi hasil penelitian Anda dengan konsep/teori dan literatur review pada bagian Pendahuluan. Ulangan metode, hasil, dan informasi lain yang disampaikan dalam pendahuluan harus dihindari. (12 pt Spasi 1,5).

KESIMPULAN (12 pt Bold)

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Bagian ini juga memuat rekomendasi untuk pengembangan penelitian berikutnya. (12 pt Spasi 1,5).

REFERENSI (12 pt Bold)

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus ditulis di bagian Referensi. Referensi harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Sedangkan 20% dapat berisi artikel penelitian atau laporan penelitian (skripsi, tesis, buku, dan publikasi lainnya yang relevan). Dokumen, surat kabar, dan sumber lainnya cukup dicantumkan dalam teks artikel tanpa perlu mencantumkan dalam referensi. Redaksi Jurnal Administrasi Negara sangat menganjurkan untuk menggunakan referensi primer saja (mengutip sumber aslinya) dan mengutamakan sumber referensi dari Jurnal yang minimal ber-ISSN, kecuali untuk artikel hasil penelitian pustaka maupun kajian konseptual dapat mengutamakan sumber referensi dari buku. Referensi ditulis menggunakan spasi 1 dan disusun menurut abjad dengan menggunakan gaya referensi APA 6th Edition. Direkomendasikan menggunakan aplikasi Mendeley atau sejenisnya.

 

Template Jurnal

Petunjuk Registrasi

Pedoman Revisi Artikel dalam Proses Penyuntingan dan Review