Rekonstruksi Model Layanan Akademik berbasis Quality Assurance Melalui Penerapan Dimensi Pelayanan Publik Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

Authors

  • Ismet Sulila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v21i2.26

Keywords:

Quality Assurance dan Dimensi Pelayanan

Abstract

Abstrak : Rekonstruksi Model pelayanan akademik melalui penerapan dimensi pelayanan publik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji secara mendalam dan menyeluruh tentang bagaimana model pelayanan yang telah dilaksanakan selama ini dan bagaimana model pelayanan tersebut dikembangkan sesuai dengan tuntutan profesionalitas layanan akademik dan juga tuntutan mahasiswa akan efisiensi dan efektifitas pelayanan layanan akademik. Hasil yang ingin dicapai adalah adanya hasil pengembangan model pelayanan publik yang telah mempertimbangkan berbagai aspek yang mendukung maupun menghambat terciptanya pelayanan akademik yang lebih berkualitas pada fakultas Ekonomi dan Bisnis. Metode penelitian ini dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Disamping itu pula, untuk memperdalam hasil kajian, pada setiap tahapan penelitian ini akan dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan seluruh stakeholders terkait. Penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam hal inovasi layanan akademik untuk menopang salah satu pilar perguruan tinggi yaitu quality assurance pada fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Kata Kunci : Quality Assurance dan Dimensi Pelayanan

 

Abstract : The reconstruction of academic service model through the implementation of public service dimension at the faculty of Economic and Business, State University of Gorontalo aims at obtaining an in-depth and thorough discussion on how the service model is developed according to the professionalism of academic service, as well as the students’ need of efficiency and effectiveness of the academic service itself. The targeted result is a development of public service model by considering various supporting aspects and obstacles. The method of this research consists of data collection, data reduction, data display, and conclusion. In order for an in-depth result, there will be Focus Group Discussion (FGD) involving stakeholders in every stage of the research. This research is expected to have positive contribution to the academic service innovation, as the quality insurance is one of university pillars at the faculty of Economic and Business, State University of Gorontalo.

Keywords : Quality Assurance and Service Dimension

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faisal, Sanapiah.2005. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Osborne, David dan Ted Gaebler. 2005. Reinventing Government (Mewirausahakan Birokrasi), Penerjemah: Abdul Rosyid. Jakarta: PPM.

Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Issue. Yogyakarta: Gava Media.-

Parasuraman, A.1998. Assesment of Expectations as A Comparison Standart in Measure of Quality: Implications for Further Research. Journal Organisasi Market Services, Januari, pp.111-124.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2015-08-05

How to Cite

Sulila, Ismet. 2015. “Rekonstruksi Model Layanan Akademik Berbasis Quality Assurance Melalui Penerapan Dimensi Pelayanan Publik Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo”. Jurnal Administrasi Negara 21 (2):79-88. https://doi.org/10.33509/jan.v21i2.26.