INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI APLIKASI SIGNAL (SAMSAT DIGITAL NASIONAL) DI UPTD KANTOR SAMSAT BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

Penulis

  • Shivanka Devaranti Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • H. Ahmad Murodi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Machrunnisa Machrunnisa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v29i2.2637

Kata Kunci:

Inovasi, Pelayanan Pajak, SIGNAL, Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat

Abstrak

Warga negara yang telah ditetapkan secara sah oleh hukum sebagai wajib pajak, memiliki kewajiban yang bersifat memaksa untuk membayar pajak sesuai undang-undang No.28 tahun 2007 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Secara teknis masih terdapat masalah yang dihadapi oleh pemerintah daerah, yakni jarak yang cukup jauh antara tempat tinggal dengan Kantor SAMSAT, serta terjadi antrian yang menumpuk yang memicu munculnya faktor kemalasan dalam membayar pajak. Kantor Samsat Balaraja dan Bapenda Kabupaten Tangerang menerapkan terobosan dalam bentuk Electronic Samsat yaitu menggunakan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) yang diluncurkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Program ini merupakan inovasi visioner yang diatur dalam Perjanjian kerjasama dengan pihak terkait dan telah diterapkan di provinsi Banten sejak tahun 2021. Melalui aplikasi SIGNAL pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan lebih mudah secara online dan pembayarannya dilakukan via transfer ataupun di minimarket terdekat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis elektronik melalui aplikasi SIGNAL di UPTD Kantor Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) Di UPTD Kantor Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang dapat dikatakan sudah berjalan baik dan efektif untuk membantu masyarakat membayar pajak dengan mudah, karena melalui aplikasi SIGNAL pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di manapun dan kapanpun tanpa mengganggu aktivitas masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arribe et al (2022). Analysis of National Signal Application User Satisfaction Levels Using the End User Computing Satisfaction (EUCS) Method.

Ciko Muslim Pribadi. 2017. Efektivitas Program Samsat Keliling dalam meningkatkan PAD di Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang: Vol 5 No 6.

Defrian, Diki dkk. 2021. “Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan bermotor Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Samsat Di Kabupaten Pandeglang”. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, Vol 11 No 2, 163-174.

Dirlantas Polda Banten. 2022. data kuantitas jumlah kendaraan di provinsi Banten.

https://banten.tribunnews.com/2022/10/23/sebanyak-15-juta-data-registrasi-dan-identifikasi-kendaraan-bermotor-di-banten-terancam-dihapus

Frederickson, H.George. 1984. Administrasi Negara Baru. Jakarta: LP3ES.

Herawati, Latifa Novina dkk. 2022. “Pengaruh Penerapan E-Samsat Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Di Samsat Kota Cimahi)”. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 10 No 1, 50-51.

Henry, Nicholas, (1988). Public Administration and Public Affairs. Diterjemahkan oleh Luciana D. Lontoh. Administrasi Negara dan Masalah-masalah Kenegaraan. Penerbit Rajawali Jakarta.

Hastuti, Sri Endah. 2015. Inovasi Sanitary Landfill Dalam Penanganan Sampah Pada Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Ilham. 2016. “Inovasi Pelayanan Dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Uptd Samsat Kota Bukittinggi”. Jom Fisip, Vol 3 No 2, 3-5.

Kapoor, K. K., Dwivedi, Y. K., & Williams, M. D. (2014). Rogers’ Innovation Adoption Attributes: A Systematic Review and Synthesis of Existing Research. In Information Systems Management (Vol. 31, Nomor 1).

Koch. 2005 .Pediatric Dentistry : A Clinical Approach. London: Blackwell Publising.

Mr. Dr. N. J. Feldmann. 2019. De Over Heidsmiddelen Van Indonesia.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta : Andi.

Rogers, E.M. 2003. Diffusion of Innovation, 5th Edition, The Free Press. New York.

Yogi Suwarno, dalam Lan. 2007. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Sangkala. 2013. Innovative Governance Konsep Dan Aplikasi. Surabaya : Capuya.

Smeets, MJH. 2002. Akuntansi Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Suyono, Evan. 2015. Inovasi Kebijakan Pendidikan di Kota Palopo. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Undang-undang Nomor 28 tahun 2007 tentang perubahan ketiga atas undang-undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata cara Perpajakan.

Undang–Undang Nomor 28 tahun 2009 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang harmonisasi peraturan perpajakan

https://www.academia.edu/2901110/Penerapan_Electronic_Government_Dalam_Pelayanan_Publik_Di_Era_Otonomi_Daerah

http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/4768/Pembangunan%20SDM%20berbasis%20E-gov-Hasniati.pdf?sequence=1

http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/1819/BAB%20II.pdf?sequence=9

https://k3i.korlantas.polri.go.id/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Devaranti, Shivanka, H. Ahmad Murodi, dan Machrunnisa Machrunnisa. 2023. “INOVASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI APLIKASI SIGNAL (SAMSAT DIGITAL NASIONAL) DI UPTD KANTOR SAMSAT BALARAJA KABUPATEN TANGERANG”. Jurnal Administrasi Negara 29 (2):127-46. https://doi.org/10.33509/jan.v29i2.2637.