ANALYSIS OF EMPLOYEE PERFORMANCE IN PT. BANK MANDIRI (Persero), Tbk. CENDRAWASIH MAKASSAR BRANCH

  • Gadis Gayatri Call Center pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Cendrawasih Makassar
  • Amir Imbaruddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
  • Muttaqin Muttaqin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
Keywords: total work done, quality of work, timeliness, attendance and ability to cooperate

Abstract

Abstrak

Era globalisasi sekarang ini menuntut perusahaan untuk selalu menyesuaikan strateginya dengan perubahan yang terjadi agar tetap bisa bertahan hidup atau menjamin kontinuitas perusahaan. Untuk menjamin kelangsungan hidup suatu perusahaan maka salah satu asset paling berharga yang dimiliki oleh suatu perusahaan adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan peran utama dalam setiap kegiatan perusahaan. Walaupun banyaknya sarana dan prasarana, tanpa dukungan sumber daya manusia maka kegiatan perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Untuk mencapai tujuan perusahaan, maka karyawan dituntut untuk memaksimalkan kinerja yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penilaian kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Cendrawasih Makassar, dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan instrumen melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Teknik pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan rata-rata sudah bekerja sesuai dengan yang ditargetkan dan sudah mampu meningkatkan pencairan kredit. Ditinjau dari aspek kualitas pekerjaan, masih rendahnya tingkat kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan dan selain itu setiap karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang ditentukan. Ditinjau dari aspek ketepatan waktu, karyawan telah memiliki kemampuan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan secara tepat waktu. Ditinjau dari aspek kehadiran, bahwa tingkat kehadiran karyawan yang relatif tinggi karena karyawan tepat waktu masuk kantor Sedangkan ditinjau dari kemampuan kerjasama. Dimana dalam penelitian ini diperoleh temuan bahwa karyawan dalam melakukan pekerjaan selalu menjalin kerjasama dengan rekan kerja lainnya dan selain itu adanya tim kerja serta adanya jalinan hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan.

 

Kata kunci: Jumlah pekerjaan, kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, kehadiran dan kemampuan kerjasama


 

Abstract

The current era of globalization requires companies to always adjust their strategies to changes that occur in order to survive or guarantee the continuity of the company.  Human resources are the main role in every company activity. Despite many facilities and infrastructures, without the support of human resources, the company's activities will not run well. To achieve company goals, employees are required to maximize their performance. The purpose of this study was to determine and analyze how employee performance appraisal at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cendrawasih Makassar Branch, with a qualitative approach, and using instruments through interviews, observation and document review. While data collectiotechniques are through interviews, observation and document review. Data processing technique is descriptive analysis. The result of the study shows that most employees finish their work based on the estimated targets and are capable to increase the demand of loan credit. Judging the aspect of the quality of the work, the level of error in completing the work is still low and besides that, each employee complete  the work according to the specified objectives. Judging from the timeliness aspect, employees have the ability to complete each job in a timely manner. Judging the aspect of attendance, that employee attendance is relatively high because employees attend the office on time. While in terms of the ability to cooperate, this study found that employees in doing work always establish cooperation with other colleagues and collaborate in a teamwork and maintain good relationship between superiors and subordinates.

 Keywords: total work done, quality of work, timeliness, attendance and ability to cooperate

References

Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Ambar, Teguh, Sulistiyani dan Rosidah. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik, edisi kedua, cetakan pertama. Jakarta: Graha Ilmu

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Erlangga

Hakim, Rahmat Budi. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Aswaja Pressindo

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Masana, Sembiring . 2012. Budaya Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerin-tah). Bandung: Fokus Media

Sinambella, Poltak Lijan. 2012. Kinerja Karyawan Teori Pengukuran dan Implikasi, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sujarweni. 2016. Kupas Tuntas : Penelitian Akuntansi dengan SPSS, edisi lengkap, Jakarta: Pustaka Baru Press

Published
2018-12-18
How to Cite
Gayatri, Gadis, Amir Imbaruddin, and Muttaqin Muttaqin. 2018. “ANALYSIS OF EMPLOYEE PERFORMANCE IN PT. BANK MANDIRI (Persero), Tbk. CENDRAWASIH MAKASSAR BRANCH”. Jurnal Administrasi Negara 24 (3), 189-99. https://journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/jurnal_administrasi_negara/article/view/349.