ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

  • Hasmawati Hasmawati Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa
  • Najmi Kamariah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
  • Alam Tauhid Syukur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
Keywords: Service Quality, Health services, Radiology

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Instalasi
Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Adapun model berfikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan melalui lima dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi, telaah dokumen dengan informan sebanyak 92 dua orang pasien, satu orang petugas loket, tiga orang radiografer dan satu orang dokter ahli radiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Instalasi Radiologi RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa  diukur dari kelima dimensi yaitu realibility (keandalan) dengan jumlah rata-rata 4,6 responsiveness (daya tanggap) dengan capaian rata-rata 4,52, assurance (jaminan) dengan capaian jumlah rata-rata 4,53, empathy (empati) dengan jumlah rata-tata 4,43, tangibles (bukti fisik) dengan jumlah capaian rata-rata 4,65, dan secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan di instalsi Radiologi dapat dikatakan sudah berkualitas. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak rumah sakit dan seluruh staf Radiologi RSUD Syekh Yusuf Gowa agar kualitas pelayanan lebih di tingkatkan lagi.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Radiologi


Abstract

This research aims to find out the quality of health services in radiology department of Syekh Yusuf regional hospital in Gowa regency. The thinking model applied this study is the quality of health services which consist of five dimensions, namely reliability, responsiveness, assurance, empathy and physical evidence. The research method used is descriptive quantitative research. The techniques of data collection include questionnaires, interviews, observations, and document review of informants involving 92 patients, a frontline officer, three radiographers and one radiologist. The result shows that the quality of health services in the department of radiology of Syekh Yusuf regional hospital Gowa measured from the five dimensions as follows; The average score for reliability is 4.6; the average achievements for responsiveness and assurance are 4.52 and 4.53 respectively; the average score for empathy is 4.43; and the average score for the achievement of tangibility (physical evidence) is 4.65. Thus, the overall standard of health services in the department of radiology is considered qualified. Therefore, it is expected that the hospital and all the radiology staffs of Syekh Yusuf regional hospital in Gowa enhance the service quality.

Keywords: Service Quality, Health services, Radiology

References

Sugiyanto, H. 2016. Pelayanan Radiologi Dalam Implementasi Akreditasi KARS dan JCI Rumah Sakit, Cetakan Kedua. Jakarta: Pengurus Pusat Perhimpunan Radiografer Indonesia

Tjiptono, Fandy 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 2. Yogyakarta: Andi

Triwibowo, C. 2012. Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit Sebuah Kajian Hukum Kesehatan, Cetakan 1 Yogyakarta: Nuha Medika

Keputusan Menteri kesehatan Repubik Indonesia. 2008. Nomor 1014/MENKES/SK/XI/ 2008 Tentang Standar pelayaan Radiologi Diagnostik di Sarana Pelayanan Kesehatan, Jakarta. Pedoman Pelayanan Radiologi RSUD Syekh Yusuf Tahun 2016

Published
2018-12-18
How to Cite
Hasmawati, Hasmawati, Najmi Kamariah, and Alam Syukur. 2018. “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA”. Jurnal Administrasi Negara 24 (3), 161-76. https://journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/jurnal_administrasi_negara/article/view/415.