Inovasi Dan Kreativitas Manusia Dalam Manajemen

Authors

  • Rohana Thahier Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v20i2.9

Keywords:

Inovasi, Kreativitas, Manajemen.

Abstract

Abstrak : Manajemen dalam melaksanakan perannya sangat tergantung kepada seluruh manusia yang terlibat di dalamnya, khususnya bagi para manajer yang berfungsi untuk mengendalikan kreativitas dan digerakkan menuju terciptanya inovasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai inovasi dan kreativitas manusia dalam manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka atau yang dikenal pula sebagai using available data. pengumpulan data dilakukan melalui inventarisasi data. Data diolah secara kualitatif dengan melakukan reduksi data, sistematisasi data, dan display data. Selanjutnya, data dianalisis secara interpretatif sesuai pemahaman penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan inovasi sangat ditentukan oleh kreativitas manusia, bagi manusia yang tidak kreatif, maka inovasipun sulit dikembangkan, kemudian kebutuhan dan keinginan tidak mungkin dapat diwujudkan sebagaimana diharapkan sebelumnya. Untuk menemukan inovasi melalui kreativitas yang tepat dengan memberikan hasil yang memuaskan semua pihak, disinilah peranan manajemen untuk senantiasa berusaha memadukan antara kreativitas dengan inovasi terhadap suatu bidang kegiatan sehingga dapat menyumbangkan hasil yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia pada umumnya dan manusia yang terdapat dalam manajemen pada khususnya.

Kata kunci : Inovasi, Kreativitas, Manajemen.

 

Abstract : Management in carrying out its role depends upon the whole human being involvement in it, particularly for managers who do the work to control the creativity and proceed towards the creation of innovation. Therefore, this study aims to identify and explain the human innovation and creativity in management. The study is a literature study or known as using available data. Data collection was done through inventory data. The qualitative data was processed by data reduction, data systematization, and data display. Furthermore, the data was interpretive analyzed based on researcher understanding. The results show that the success of innovation is determined by human creativity. For those who are not creative, it is difficult to develop further need for innovation and desire to develop what they are expected earlier. In searching for the right innovation through creativity by presenting the results that might would satisfy all parties. Here the role of management is striving continually, combining creativity with innovation in to the area of   activity that can contribute the results that provide benefits to human life in general and particularly to human beings in management.

Keywords : Innovation, Creativity, Management.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dessler, Gary. 1990. Organization Theory: Integrating Structure and Behavior. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice - Hall.Inc.

Dharma, Surya. 2005. Manajemen Kinerja, Filsafat, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makmur. 2007. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2007. Patologi serta Terapinya dalam Ilmu Administrasi dan Organisasi. Refika Aditama: Bandung.

_______. 2009. Teori Manajemen Stratejik Dalam Pemerintahan dan Pembangunan. Bandung: Refika Aditama.

Patton, Patricia. 1997. EQ–Kecerdasan Emosional Pelayanan Sepenuh Hati (EQ–Emotional Intelligence Service With a Heart). Alih Bahasa: Lembaga Penterjemahan Hermes. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Stewart, Mitchell, dan Aileen. 1994. Empowering People (Pemberdayaan Sumber Daya Manusia). Terjemahan: Agus M. Hardjana. Yogyakarta: Kanisius.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2005. Pemikiran Sistemik dalam Bidang Organisasi dan Manajamen. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2014-08-08

How to Cite

Thahier, Rohana. 2014. “Inovasi Dan Kreativitas Manusia Dalam Manajemen”. Jurnal Administrasi Negara 20 (2):71-90. https://doi.org/10.33509/jan.v20i2.9.