Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in Microsoft Word document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The submission has adjusted to the journal template.

Author Guidelines

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

  1. Judul dan Sub Judul Artikel (jika ada sub judul)
  2. Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis
  3. Abstrak (Indonesia) dan Abstract (Inggris)
  4. Pendahuluan
  5. Metode Penelitian
  6. Hasil Penelitian
  7. Pembahasan
  8. Kesimpulan & Saran
  9. Referensi

Penjelasan Sistematika Penulisan sebagai berikut:

Judul & Sub Judul

Judul dan sub judul disajikan dengan 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) dan tidak lebih dari 18 kata serta mencerminkan substansi penelitian (14 pt, bold)

Nama, Lembaga Afiliasi/Instansi dan Email Kontak Penulis

Nama Penulis harus lengkap tanpa menggunakan gelar. (12 pt, bold)
Lembaga afiliasi/instansi ditulis lengkap termasuk Kabupaten/Kota instansi (11 pt)
Email kontak harus aktif (11 pt)

Abstrak (Indonesia) dan Abstract (Inggris)

Abstrak merupakan gambaran dari isi artikel yang memuat urgensi, tujuan, metode, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran. Abstrak tersusun dari maksimal 250 kata. Abstrak berisi ringkasan singkat dari tulisan, meliputi seluruh naskah tanpa terlalu rumit pada setiap bagian. Hindari singkatan apa pun, kecuali itu adalah pengetahuan umum atau sebelumnya telah dinyatakan. (11 pt)

Pendahuluan

Bagian ini harus memberikan latar belakang yang cukup agar pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil tanpa harus membaca publikasi sebelumnya yang berhubungan dengan topik. Gunakan hanya referensi yang benar-benar mendukung pembahasan. Referensi dikutip/dirujuk dengan menggunakan body note (catatan perut) yang hanya mencantumkan tahun referensi yang dikutip/dirujuk. Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan penelitian. (12 pt, Spasi 1,5)

Metode Penelitian

Bagian ini harus berisi informasi teknis yang memadai untuk memungkinkan penelitian dilakukan dengan baik. Baik penelitian empiris, penelitian terapan, penelitian pustaka, maupun kajian konseptual harus mencantumkan metode penelitian yang digunakan. Mulai dari pendekatan penelitian, Desain Penelitian, , sumber data, teknik dan Instrumen pengumpulan data, maupun teknik pengolahan dan analisis data. (12 pt Spasi 1,5).

Hasil Penelitian

Bagian ini hanya berisi hasil penelitian, sebutkan data secara jelas dan tepat. Jangan menyatakan referensi, atau mendiskusikan hasilnya. Jangan mengulangi rincian metode dalam bagian ini, yang telah disebutkan dalam bagian metode. Jangan gunakan terlalu banyak tabel dan grafik jika dapat dijelaskan secara singkat dalam teks utama. Sarana dalam tabel dan grafik harus diberikan standar deviasi. Batasi penggunaan foto. Gambar dan tabel harus diberi nomor secara berurutan. Setiap angka dan tabel harus dikutip pada teks. Tambahkan skala pengukuran pada foto jika diperlukan, panah harus diberikan untuk menunjuk benda-benda tertentu. (12 pt Spasi 1,5).

Pembahasan

Bagian ini berisi analisis dan interpretasi berdasarkan teori/konsep yang berhubungan dengan hasil penelitian yang telah ditulis pada bagian Hasil Penelitian. Ulangan metode, hasil, dan informasi lain yang disampaikan dalam pendahuluan harus dihindari. (12 pt Spasi 1,5)

Kesimpulan & Saran

Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Bagian ini berisi kesimpulan dan saran yang ditulis dalam satu paragraf.  (12 pt Spasi 1,5)

Referensi

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus ditulis di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Sedangkan 20% dapat berisi artikel penelitian atau laporan penelitian (skripsi, tesis, buku, dan publikasi lainnya yang relevan). Redaksi Jurnal Administrasi Negara sangat menganjurkan untuk menggunakan referensi primer saja (mengutip sumber aslinya) dan mengutamakan sumber referensi dari Jurnal yang minimal ber-ISSN, kecuali untuk artikel hasil penelitian pustaka maupun kajian konseptual dapat mengutamakan sumber referensi dari Buku. Referensi disusun menurut abjad dengan menggunakan gaya referensi Chicago Style. Silakan gunakan singkatan standar nama jurnal sesuai dengan ISSN.

Pengajuan Naskah

Naskah yang akan diterbitkan dalam JAN meliputi artikel hasil penelitian, hasil penelitian terapan, hasil penelitian pustaka, maupun hasil kajian konseptual. Penulis harus menjamin bahwa artikel belum diterbitkan di tempat lain.

Artikel harus ditulis dalam bahasa Indonesia disertai abstrak bahasa Indonesia dan Inggris dengan menggunakan istilah yang baku dan bahasa yang baik dan benar, yang akan dikoreksi oleh seorang ahli bahasa Indonesia dan seorang ahli bahasa Inggris. Redaksi tidak akan menerima naskah yang memiliki kekurangan dalam hal istilah yang tidak baku, bahasa penulisan yang tidak baik dan benar, maupun kesalahan pengetikan. Redaksi tidak berkewajiban untuk mengembalikan artikel yang ditolak.

       Adapun ketentuan yang wajib diperhatikan oleh penulis yaitu:

  1. Naskah diketik dengan program Microsoft Word di atas kertas HVS ukuran A4 sekitar 4500-5000 (tidak termasuk judul, abstrak, dan referensi).
  2. Jika gambar dan/atau tabel yang digunakan ternyata banyak maka harus ditempatkan pada akhir naskah, masing-masing pada lembar terpisah. Semua halaman, termasuk halaman dengan gambar dan tabel di akhir kertas, harus diberi nomor secara berurutan.
  3. Penulis diwajibkan menyesuaikan naskah artikel dengan format template jurnal Administrasi Negara. Template jurnal dapat diunduh DI SINI
  4. Tulisan yang masuk akan dilakukan uji plagiasi. Tingkat plagiasi yang ditoleransi adalah maksimal 25%. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi diatas 50% maka akan langsung ditolak oleh redaksi. Bagi tulisan yang terdeteksi plagiasi 25%-50% akan diminta untuk merevisi artikel. Dalam menguji plagiasi, redaksi menggunakan aplikasi QUETEXT
  5. Mengunggah jurnal pada website Jurnal Administrasi Negara dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada jurnal. Pedoman Registrasi dan Pengunggahan Naskah dapat diunduh DI SINI
  6. Seluruh proses review akan menggunakan akun yang telah teregistrasi. Pedoman review artikel dapat diunduh DI SINI
  7. Demi kelancaran proses review, bagi penulis yang telah melakukan submission artikel dipersilahkan menghubungi 081355635394 via whatsapp.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.