PERANCANGAN WEBSITE KEMITRAAN DALAM MENUNJANG PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN PT ANGKASA PURA I

Penulis

  • Fitrah Rabiah Al Adawiah Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur Politeknik STIA LAN Makassar
  • Frida Chairunisa Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2515

Kata Kunci:

Sistem Informasi Manajemen, Corporate Social Responsibility, Website

Abstrak

PT Angkasa Pura I merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang bisnis kebandarudaraan. Salah satu program wajib yang wajib dilaksanakan oleh setiap BUMN adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Dalam pelaksanaan Program Kemitraan ini PT Angkasa Pura I cabang Sultan Hasanuddin masih secara konvensional. Berdasarkan permasalahan tesebut, penelitian ini bertujuan untuk mempermudah baik itu calon mitra binaan maupun masyarakat umum untuk mengakses informasi mengenai program ini dan juga memudahkan proses pendaftaran calon mitra binaan. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif. Peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai metodologi analisis data. Data primer dan data sekunder adalah dua jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan membercheck sebagai validasi data. Hasil penelitian berupa rancangan website yang berguna sebagai media informasi dan media pendaftaran calon mitra binaan. Dalam proses perancangan webstie, peneliti menggunakan lima komponen sistem informasi yang diantaranya hardware, software, data, prosedur, dan manusia. Rancangan webstie yang akan memudahkan baik dari sisi mitra binaan maupun CSR officer guna pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan. Adapun fitur yang terdapat pada rancangan website ini yaitu fitur pendaftaran, katalog, tentang program, pengumuman dan informasi terkait program kemitraan ini.

Referensi

Ahmad, L. & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen. KITA.

Badan Pusat Statistik. (2021). “Data BPS.” Bps.Go.Id. 2021.

Crane, A., Matten, D., & Spence, L. J. (2019). Corporate Social Responsibility: Readings and Cases in a Global Context (2nd Ed.). Routledge.

Dermawan, D. & Kunkun, N. (2015). Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya.

Famiola, M., & Adiwoso, S.A. (2016). Corporate Social Responsibility Diffusion by Multinational Subsidiaries in Indonesia: Organisational Dynamic and Institutional Effect. Social Responsibility Journal, 12(1), 117-129.

Ginanjar, T. (2014). Rahasia Membangun Website Toko Online Berpenghasilan Jutaan Rupiah. Iffahmedia.

Indrayani, H. (2017). Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara. (2021). “PERATURAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR PER-05/MBU/04/2021 TENTANG PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN BADAN USAHA MILIK NEGARA.”

Laksmi, F. G. & Budiartono. (2015). Manajeman Perkantoran Modern. Grafindo Persada.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (16th Ed.). Pearson.

O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2018). Management Information Systems (11th Ed.). McGraw-Hill Education.

Rahmawati, N. A. & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan Informasi, 14 (1), 77-86.

Sanusi, A. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis 3rd Ed. Salemba Empat.

Saondi, O. (2014). Membangun Manajemen Pendidikan Berbasis Sistem Informasi. Rofika Aditama.

Sibero, A. F. K. (2013). Web Programing Power Pack. MediaKom.

Sousa, J. & Kenneth, O. E. (2015). Management Information System. Nelson Education, Ltd.

Suwandi. (2017). Mengenal Corporate Social Responsibility (CSR) Teori Dan Praktek. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

Syaban, I, Mewengkang, N. N. & Golung, A. (2018). Peranan Penggunaan Website Sebagai Media Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara. Acta Diurna Komunikasi 7 (4): 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22012.

Yustina, E. W. (2015). Hak Atas Kesehatan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Dan Corporate Social Responsibility (CSR). Kisi Hukum, 1(14), 1-16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-24