INOVASI PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS “MOTOR PELAYANAN LORONG TA” PADA KANTOR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

  • Mutiara Pratiwi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Makassar
  • Alam Tauhid Syukur Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik studi kasus Motor Pelayanan Lorong Ta’ pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Apakah penyelenggaraannya sudah berjalan sesuai dengan nilai-nilai pelayanan publik atau sebaliknya, dan seperti apa prosedur yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menggunakan layanan ini.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan yang menjadi unit analisis pada penelitian ini yaitu pegawai kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam hal iniCamat, Sekretaris Kecamatan dan Driver Motor Pelayanan Lorong Ta’ serta beberapa masyarakat Kecamatan Rappocini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motor Pelayanan Lorong Ta’ ini sudah cukup baik hanya saja tentang ketepatan waktu, kurangnya SDM dan prasarana yang disediakan oleh pihak kecamatan cukup menjadi hambatan dalam penyelenggaraan inovasi tersebut sehingga inovasi ini belum dapat dikatakan efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.Saran yang dapat diberikan sebaiknya dari pihak kecamatan menambahkan SDM dan prasarananya agar dalam melayani masyarakat tidak lagi terjadi keterlambatan sehingga membuat masyarakat menunggu.

 

Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, Motor Pelayanan Lorong Ta’

 

 

Abstract

 

This study aims to find out how the implementation  of public service innovation is a case study  of Motor Pelayanan Lorong Ta’ at Rappocini District Office of Makassar City. Has the implementation run in accordance with the values of public services or the other way, And what kind of procedures must be carried out by community to use this service. This study used a case study method with a qualitative approach and the unit of analysis in this study were the employees of the Rappocini Sub-district of Makassar City in this case the Head of the Sub-District, Secretary of the Sub-District and Motor Driver of the “Motor Pelayanan Lorong Ta” and some of the Rappocini Subdistrict communities.The results of the study show that the “Motor Pelayaan Lorong Ta” is already good enough just about timeliness,the lack of human resources and infrastructure provided by the sub-district is enough to be an obstacle in the implementation of these innovations so that this innovation cannot be said to be effective and efficient in providing services to the community.  Suggestions that can be give to the sub-district is adding more human resources and infrastructure so there is no delay in serving the community and no more wait longer.

 

Keywords: Innovation, Public Services, Motor Pelayanan Lorong Ta’

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik studi kasus Motor Pelayanan Lorong Ta’ pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Apakah penyelenggaraannya sudah berjalan sesuai dengan nilai-nilai pelayanan publik atau sebaliknya, dan seperti apa prosedur yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menggunakan layanan ini.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan yang menjadi unit analisis pada penelitian ini yaitu pegawai kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam hal iniCamat, Sekretaris Kecamatan dan Driver Motor Pelayanan Lorong Ta’ serta beberapa masyarakat Kecamatan Rappocini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motor Pelayanan Lorong Ta’ ini sudah cukup baik hanya saja tentang ketepatan waktu, kurangnya SDM dan prasarana yang disediakan oleh pihak kecamatan cukup menjadi hambatan dalam penyelenggaraan inovasi tersebut sehingga inovasi ini belum dapat dikatakan efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.Saran yang dapat diberikan sebaiknya dari pihak kecamatan menambahkan SDM dan prasarananya agar dalam melayani masyarakat tidak lagi terjadi keterlambatan sehingga membuat masyarakat menunggu.

 

Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, Motor Pelayanan Lorong Ta’

 

 

Abstract

 

This study aims to find out how the implementation  of public service innovation is a case study  of Motor Pelayanan Lorong Ta’ at Rappocini District Office of Makassar City. Has the implementation run in accordance with the values of public services or the other way, And what kind of procedures must be carried out by community to use this service. This study used a case study method with a qualitative approach and the unit of analysis in this study were the employees of the Rappocini Sub-district of Makassar City in this case the Head of the Sub-District, Secretary of the Sub-District and Motor Driver of the “Motor Pelayanan Lorong Ta” and some of the Rappocini Subdistrict communities.The results of the study show that the “Motor Pelayaan Lorong Ta” is already good enough just about timeliness,the lack of human resources and infrastructure provided by the sub-district is enough to be an obstacle in the implementation of these innovations so that this innovation cannot be said to be effective and efficient in providing services to the community.  Suggestions that can be give to the sub-district is adding more human resources and infrastructure so there is no delay in serving the community and no more wait longer.

 

Keywords: Innovation, Public Services, Motor Pelayanan Lorong Ta’

References

Ancok, Djamaluddin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Ellitan, Lena dan Lina Anatan. 2009. Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia, Bandung: Alfabeta

Fontana, Avanti. 2011. Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Jakarta: Cipta Inovasi Sejahtera.

Makmur, Rohana. 2015. Inovasi & Kreativitas Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Maria, 2014. Inovasi Pelayanan Publik di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMT) Kabupaten Raya. Jurnal Borneo Administrator. 10 (2). p 214-233.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik, Jakarta: STIA-LAN

Published
2018-12-18