KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR

  • Yunita Gobel Dinas Kesehatan Kota Makassar
  • Wahidin Wahidin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
  • Muttaqin Muttaqin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar
Keywords: Health Service Quality, Accident and Emergency Department, Makassar Regional Public Hospital

Abstract

Abstrak

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah ”Bagaimanakah kualitas pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Darerah Kota Makassar ditinjau dari dimensi 1) Ketepatan waktu pelayanan; 2) Akurasi pelayanan; 3) Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan; 4) Tanggung jawab; 5) Kelengkapan; 6) Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan IGD RSUD Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Sumber data adalah informan yaitu kepala ruangan, direktur/wakil direktur pelayanan medik, pasien IGD, petugas (perawat/bidan dan dokter penanggung jawab pelaksana). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan telaah dokumen. Data dalam penelitian ini ditampilkan secara triagulasi dan dibahas secara interpretatif berdasarkan teori dan fakta. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator ketepatan waktu pelayanan sudah baik. Dilihat dari proses jadwal kehadiran petugas secara bergiliran selama 24 jam sudah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Indikator akurasi pelayanan termasuk dalam kategori berkualitas dimana kemampuan petugas selalu mengupayakan agar perawatan pasien minimal dari kesalahan. Indikator kesopanan dan keramahan termasuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari cara melayani pasien dengan prinsip 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Namun teknik berkomunikasi masih perlu diperbaiki. Indikator tanggung jawab sudah dalam kategori baik karena sudah ada jaminan keamanan dan keselamatan pasien. Indikator kelengkapan dalam kategori baik dengan kondisi rumah sakit yang bersih dan sarana yang ada sudah lengkap, hanya perlu adanya kepedulian dari pegawai untuk menjaga sarana prasarana yang ada. Indikator kemudahan untuk mendapatkan pelayanan pasien dimudahkan oleh fasilitas pendukung di rumah sakit juga prosedur pelayanan yang mudah, jelas dan tidak berbelit-belit. 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Instalasi Gawat Darurat, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar

Abstract

This study’s focus on service quality of Accident and Emergency (A & E) department at regional public hospital in Makassar City and analyzied service quality dimensions such as time service, 1) Service accuracy, 3) Courtesy and guidance in providing services; 4) Responsibility; 5) Completeness; 6) Ease in getting services. This study is using qualitative descriptive method. Sources of the data were informants as Head of Space, Director/Deputy of Medical Services, Patient of ER (Emergency Room), nurses/midwives and Doctor in Charge of Patients. The data collection techniques were from interviews, observation and document review. The data validity was check using triangulation technique. The results showed in service timeliness dimension was already appropriate according to the 24 hours shift schedule of all of the staff. The accuracy service indicator was in a certain quality category. The staff were always strive to afford mistakes while handling the patients. The politeness and sociability indicators was good enough, according to how they treat the patuents with 5S principle. Eventhough the communication technique still needs to be fixed. The responsibility indicator assesment was in a good category due to assurance of patient safety. The completeness indicators was in a good category due to the clean hospital area and the facilities were already complete but employees needs to maintain the facilities. In the ease in getting services indicator which has a certain quality due to the complete supporting facilities that made service easier and convenient serve services also not convoluted.

Keywords: Health Service Quality, Accident and Emergency Department, Makassar Regional Public Hospital

References

Azwar, A. 2014. Tantangan Pendanaan Unit Gawat Darurat. Majalah Kedokteran Indonesia, 43, (3), p 152-153

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga

Denhardt, Janer V, Robert B. Denhardt. 2003. The New Public Service: Serving Not Steering. Armonk, N.Y: M.E.Sharpe

Muninjaya, Gde AA. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 856 Tahun 2009, tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit

Published
2018-12-18