KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.420Kata Kunci:
Kualitas Jasa Kesehatan, Departemen, Unit kecelakaan dan unit gawat, Rumah Sakit Regional MakassarAbstrak
Abstrak
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah â€Bagaimanakah kualitas pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Darerah Kota Makassar ditinjau dari dimensi 1) Ketepatan waktu pelayanan; 2) Akurasi pelayanan; 3) Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan; 4) Tanggung jawab; 5) Kelengkapan; 6) Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan IGD RSUD Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Sumber data adalah informan yaitu kepala ruangan, direktur/wakil direktur pelayanan medik, pasien IGD, petugas (perawat/bidan dan dokter penanggung jawab pelaksana). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan telaah dokumen. Data dalam penelitian ini ditampilkan secara triagulasi dan dibahas secara interpretatif berdasarkan teori dan fakta. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator ketepatan waktu pelayanan sudah baik. Dilihat dari proses jadwal kehadiran petugas secara bergiliran selama 24 jam sudah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Indikator akurasi pelayanan termasuk dalam kategori berkualitas dimana kemampuan petugas selalu mengupayakan agar perawatan pasien minimal dari kesalahan. Indikator kesopanan dan keramahan termasuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari cara melayani pasien dengan prinsip 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Namun teknik berkomunikasi masih perlu diperbaiki. Indikator tanggung jawab sudah dalam kategori baik karena sudah ada jaminan keamanan dan keselamatan pasien. Indikator kelengkapan dalam kategori baik dengan kondisi rumah sakit yang bersih dan sarana yang ada sudah lengkap, hanya perlu adanya kepedulian dari pegawai untuk menjaga sarana prasarana yang ada. Indikator kemudahan untuk mendapatkan pelayanan pasien dimudahkan oleh fasilitas pendukung di rumah sakit juga prosedur pelayanan yang mudah, jelas dan tidak berbelit-belit.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).