THE EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2015 DI PPEI
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1311Kata Kunci:
ISO 9001: 2015, Penerapan, Sistem Manajemen MutuAbstrak
Mutu diklat dari waktu ke waktu harus semakin meningkat. Peningkatan mutu diklat ditentukan oleh banyak faktor. Namun salah satu faktor kunci peningkatan mutu diklat adalah bagaimana pengelolaan pelaksanaan diklat berpengaruh untuk menghasilkan diklat yang baik. Dalam rangka peningkatan mutu diklat agar senantiasa memenuhi kepuasan pelanggan dan stakeholder terkait, PPEI telah menerapkan sistem manajemen mutu dengan diterimanya sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 sejak tahun 2004. Sistem manajemen mutu atau Quality Management System pertama kali diperkenalkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang telah diadopsi di Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai SNI ISO 9001: 2015. Standar ini merupakan salah satu standar acuan untuk organisasi dalam penerapan sistem manajemen mutu. Melalui penerapan sistem manajemen mutu diyakini bahwa pengelolaan barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu organisasi bermuara pada pemenuhan persyaratan mutu pelanggan.Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 di PPEI. Metodologi penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran analisis klausul terhadap pemenuhan persyaratan SMM 9001: 2015, untuk klausul 4 dan 5 adalah 95,00% dan 86,67%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan klausul 4 dan 5 di PPEI sudah sesuai dengan persyaratan standar sistem manajemen mutu. Sementara pengukuran analisis klausul terhadap pemenuhan persyaratan Sistem Manajemen Mutu 9001: 2015, untuk klausul 6, 7, 8, 9 dan 10 adalah 70% - 80%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem manajemen mutu ada, dokumentasi ada dan terorganisir dengan baik namun penerapan klausul 6, 7, 8, 9 dan 10 tidak dilakukan secara penuh di perusahaan/organisasi.
Unduhan
Referensi
Badan Standardisasi Nasional (2015), Sistem Manajemen Mutu (SNI 19-9001-2015), Jakarta.
Badan Standardisasi Nasional (2018), SNI ISO 9001: 2015 Sistem Manajemen Mutu – Pengenalan, Jakarta, Hal. 1dan 7.
Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (2018), DOK 06/SMM/2018, Jakarta.
Hakim dan Gunarto (2018), Analisis Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(4), 190-200.
Handayani, Denny (2018), Evaluasi Penerapan ISO 9001: 2015 pada PT. Pulau Sambu Group (PSG) Sungai Guntung Kabupaten Indra Gili Hilir Riau, Jurnal Manajemen Bisnis, 8 (2), 95-106.
Hardani, Auliya Nur Hikmatul, Andriani Helmina, Fardani Roushandy Asri, Ustiawaty Jumari, Utami Evi Fatmi, Sukmana Dhika Juliana dan Istiqomah Ria Rahmatul (2020), Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: C.V Pustaka Ilmu, Hal. 72-73.
Komala Dewi Odjar Ratna, Sunarya, Tunus Metrawinda, Zakiyah, Panggabean Aderina Uli, Efyandono Donny Purnomo Januardhi, Melianawati Anna, Premati Esti dan Rahardjo Sugeng (2014), Pengantar Standardisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN), edisi kedua, Jakarta, 81
Siahaan Evi, Rosiawan. M dan Deliansyah Riza (2017), Persyaratan Sistem Manajemen Mutu Berbasis SNI ISO 9001:2015, Jakarta: Badan Standardisasi Nasional, 24.
Sugiyono (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Suryana Deny, Utami Ardhaningtyas Riza dan Bangsawan Hadid Tunas (2019), Penerapan SMM 9001: 2015 dalam Mendukung Pemasaran (Studi Pabrik Baja Tulangan Beton dengan Proses Re-Rolling atau Hasil Canai Panas Ulang), Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, 4 (1), 29-36
Susilawati, Sukirman dan Sumaryati Sri (2013), Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMA Batik 1 Surakarta, JUPE UNS, 1 (2), 1-12
www.bsn.go.id (2015), Transisi ISO/IEC 17021-1:2015, ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, LS Harus Bersiap Diri, berita BSN, 30 September 2015. (www.bsn.go.id, diakses 2 September 2020).
www.iso.org (2016), ISO 9001:2015 for Small Enterprises - What to do, Technical Committee ISO/ TC 176, Geneva: International Organization for Standardization, p. 11, (www.iso.org, diakses 18 Agustus 2020).
www.iso.org (2019), Reaping the Benefits of ISO 9001, Geneva: International Organization for Standardization, p. 2, (www.iso.org, diakses 26 September 2020).
www.iso.org (2015), Prinsiples of Quality Management System, Geneva: International Organization for Standardization, p. 1-14 (www.iso.org, diakses 26 September 2020).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Politeknik STIA LAN Makassar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).