THE PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KAPAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PT PELABUHAN IDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1411Kata Kunci:
BUMN, kualitas pelayanan, kepuasan pelangganAbstrak
BUMN memiliki tugas utama untuk menyediakan layanan jasa dan barang-barang ekonomis yang pihak swasta tidak sediakan, sekaligus bertugas untuk menyediakan layanan terkait seluruh keperluan dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh pengaruh dari kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kancab Makassar terhadap rasa puas yang dirasakan oleh konsumen. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik sampling non-probability dan sampling purposive untuk mengambil sampel dari responden penelitian. Sebanyak tiga puluh responden terlibat sebagai sampel pada penelitian ini. Model olah data yang akan dilakukan untuk menganalisis hasil penelitian ini adalah analisis regresi sederhana yang kemudian diolah dengan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi yang diperoleh dari penelitian ini, variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh 70,8% terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi secara positif dan signikan (0,000<0,05) oleh kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Delafrooz, N., Taleghani, M., dan Taghineghad, M. 2013. The impact of service innovation on consumer satisfaction. International Journal of Marketing and Technology, Vol. 3, Issue 5. ISSN: 2249-1058.
Fida, B. A., Ahmed, U., Al-Balushi, Y., dan Singh, D. 2020. Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman. SAGE Journal, pp.1-10. DOI: 10.1177/2158244020919517.
Fonseca, F., Pinto, S., dan Brito, C. 2010. Service Quality and Customer Satisfaction in Public Transports. International Journal for Quality research, Vol.4, No.2, pp.125-130. UDK- 656.025.2:658.56
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://nazir550.wordpress.com/2017/07/14/keagenan-kapal/. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2020 pada pukul 15:00 WITA
Masrokhan, Nazir. 2017. “Keagenan Kapalâ€. (Online)
Owano, L. A., Alala, O., dan Musiega, D. (2014). Relationship between Customer Service Innovation and Customer Satisfaction in the Banking Industry: A Case Study of Kenya Commercial Bank. IOSR Journal of Business and Management, Vol. 16, Issue 6, (22-31). e-ISSN: 2278-487X.
Putri, Arum Sutrisni. 2019. “BUMN: Pengertian, Tujuan, dan Perannya dalam Perekonomian Indonesia.†(Online). https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/10/101225669/bumn-pengertian-tujuan-dan-perannya-dalam-perekonomian-indonesia?. Diakses pada tanggal 10 Juni 2020 pada pukul 11.00 WITA.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
______. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy., dan Chandra, Gergous. 2016. Service, Quality & Satisfaction”. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
_____. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
_____. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suparman, Raden Agus. 2018. “PPN Dibebaskan Atas Jasa Kepelabuhan Tertentu Kepada Perusahaan Angkutan Laut Yang Melakukan Kegiatan Angkutan Laut Luar Negeri.” (Online). https://aguspajak.com/2018/03/08/ppn-dibebaskan-atas-jasa-kepelabuhan-tertentu-kepada-perusahaan-angkutan-laut-yang-melakukan-kegiatan-angkutan-laut-luar-negeri/. Diakses pada tanggal 26 Juni 2020 pada pukul 14:00 WITA.
Swastha, B., dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Utami, S. S. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT SOLO CENTRAL TAXI Di Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, (33 – 44).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).