MODEL ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DPMPTSP PROVINSI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v27i1.1456Kata Kunci:
Analisis, Strategi, Kualitas, Pelayanan Publik, SWOTAbstrak
Perwujudan kesejahteraan masyarakat dilakukan melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas dan optimal sesuai harapan publik. Urgensi peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai wujud komitmen pemerintah kepada masyarakat agar memperoleh pelayanan secara mudah, murah, cepat, dan tepat. Fenomena proses pelayanan perizinan yang lama serta rumit dalam prosedural dan kelengkapan persyaratan administrasi kemudian melahirkan inovasi berbasis pemanfaatan teknologi yang dikenal dengan Online Single Submission (OSS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Provinsi Jawa Timur yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualititatif dan pengukuran berdasarkan analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threat). Hasil penelitian menunjukkan pada indikator strengths meliputi aspek kecukupan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan program kegiatan sosialisasi maupun pendampingan yang menjadi kunci strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Indikator weaknesses teridentifikasi pada pelayanan security yang merangkap menjadi front office dan jam operasional pelayanan yang kurang optimal, sehingga diperlukan strategi transformasi menuju digitalisasi berbasis jaringan koneksi (online) dan penciptaan sistem pengawasan disiplin aparatur. Kemudian, pada indikator opportunities menguraikan adanya inovasi program pelayanan yang diimbangi dengan upaya pengembangan sistem TI (e-government), namun diperlukan strategi pengembangan berfokus pemahaman masyarakat melalui penciptaan konten informatif dan edukatif agar tercipta layanan yang efektif dan efisien. Indikator threat yang menyatakan tingkat pengetahuan masyarakat rendah dan didukung dengan keterbatasan dalam penggunaan TI sehingga membutuhkan strategi memberdayakan masyarakat melalui pemberian simulasi pembelajaran media TI.
Unduhan
Referensi
Agus Widiyarta, Moch. Rozzaq, A. I. M. (2020). Inovasi Administratif Dalam Sektor Publik ( Studi Tentang Inovasi Government Resourch Management System ). Sosial Ekonomi Dan Politik, 1(1), 28–36.
Anggraini, F. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) (Perspektif Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018).
Fadhilah, A. N. U. R., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (OSS) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan …. Publika. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27533
Freddy Rangkuti. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisni (kesebelas). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Muafa, Ghina Rindho, E. H. F. (2019). Penerapan Sistem Perizinan Online Single Submission (OSS) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo. Unesa, 1–7.
Ramadhani Karina Suryadevi; Eva Hany Fanida, S.AP., M. A. (2020). Inovasi Program Online Single Submission (OSS) Dalam Layanan Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Publika, 8(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32573
Siagian, S. (2004). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2000). Prinsip- Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Politeknik STIA LAN Makassar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).