PERAN FUNGSI MANAJERIAL DALAM MENDUKUNG PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v27i3.1458Kata Kunci:
Fungsi Manajerial, pelayanan administrasi, administrasi perkantoran modern, service excellenceAbstrak
Pelayanan yang membahagiakan merupakan impian dari semua penerima layanan. Oleh karena itu, upaya dalam mewujudkannya dibutuhkan peran manajerial organisasi yang stabil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran fungsi manajerial dalam mendukung pelayanan administrasi perkantoran modern pada kantor Kecamatan Barombong di Kabupaten Gowa. Responden penelitian sebanyak 100 masyarakat yang telah menerima pelayanan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara terhadap pemberi layanan (pegawai) dan penerima layanan (masyarakat), dokumentasi. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pegawai pada Kantor Kecamatan Barombong di Kabupaten Gowa telah menunjukkan keseriusan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dapat terlihat komitmen pegawai dalam memberikan service excelent kepada masyarakat penerima layanan. dari beberapa kriteria pelayanan yang disampaikan yaitu: 1) frekuensi pemberian petugas terhadap persyaratan, biaya dan waktu penyelesaian administrasi, 2) Ketepatan Waktu Petugas Administrasi dalam Pemberian Layanan, dan 3) Petugas memanfaatkan waktu layanan dengan sebaik-baiknya.
Unduhan
Referensi
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Daraba, D., Subianto, A. B., & Salam, R. (2018a). An effort to Improve the Quality of Workers at the Makassar city Department of Employment Services. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 21–26.
Daraba, D., Subianto, A. B., & Salam, R. (2018b). Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik, 8(1), 21–26.
Farida, U. (2017). Analysis of Empowerment Program that was Implemented in Mamuju Regency East Sulawesi Indonesia. 149(Icest), 19–21.
Fraser, V. J., & Olsen, M. A. (2002). The business of health care epidemiology: Creating a vision for service excellence. American Journal of Infection Control, 30(2), 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.1067/mic.2002.117041
Isma, E. W., Darwis, M., Saleh, S., & Salam, R. (2017). Kualitas Pelayanan Administrasi pada Puskesmas Gattareng Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmu Administrasi Perkantoran (JIAP), 21–28.
Kelly, S., & Faraone, L. (2013). Improving the ED Experience with Service Excellence Focused on Teamwork and Accountability. Journal of Emergency Nursing, 39(1), 33–36. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jen.2011.12.015
Mirdawati, M., Jamaluddin, J., Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). The effectiveness of IMB Services at the Makassar City Investment Office and One Door Integrated Services at Makassar City. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 37–44.
Niswaty, R., Darwis, M., Alimuddin, W., & Salam, R. (2016). Pengaruh Penerapan Prinsip Good Governance terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 95–100.
Ojha, S. K. (2015). Operational Excellence for Sustainability of Nepalese Industries. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 189, 458–464. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.196
Quible, Z. K. (2001). Administrative Office Management, An Introduction 7th Edition. Prentice Hall Inc.
Saggaf, S., Salam, R., Kahar, F., & Akib, H. (2014). Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern. Jurnal Ad’ministrare, 1(1), 20–27.
Salam, R. (2015). Penerapan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern berbasis Daya Saing Organisasi dalam menyongsong MEA 2015. SEMINAR NASIONAL “Revolusi Mental dan Kemandirian Bangsa Melalui Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dalam Menghadapi MEA 2015” Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 1, 186–190.
Salam, R., & Niswaty, R. (2020). Pelayanan Publik Efektifitas Pelayanan Publik Kabupaten Soppeng. Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 11.
Setyawati, I., Nasrullah, M., & Salam, R. (2019). The Effectiveness of the KTP-el Service at the Population and Civil Registry Office of Parepare City. Jurnal Office, 5(2), 59–64.
Syamsiar, S., Saggaf, M. S., Salam, R., & Ihsan, S. R. (2018). Implementation Of Supervision On Office Of Community Empowerment And Makassar City Village. The International Conference On Social Sciences And Humanities 2018.
Tadampali, A. C. T., Hadi, A., & Salam, R. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT Bank SulSelBar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 35–46.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).