KINERJA DINAS PERPUSTAKAAN KOTA MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v29i1.2243Kata Kunci:
Minat Baca Masyarakat, Kinerja, Dinas PerpustakaanAbstrak
Rendahnya minat baca masyarakat tidak hanya berdampak pada peningkatan buta aksara, tetapi mempengaruhi pula kondisi pendidikan bangsa. Di Kota Makassar minat baca masyarakat masih tergolong sedang, hal ini masih perlu untuk ditingkatkan mengingat posisi bangsa Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah berdasarkan peringkat dunia yang dilaporkan oleh UNESCO. Dinas Perpustakaan Kota Makassar telah meningkatkan kinerja untuk mengatasi permasalahan minat baca masyarakat, akan tetapi upaya tersebut belum memberikan perubahan yang siginifikan pada peningkatan minat baca. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui besaran pengaruh kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar terhadap peningkatan minat baca masyarakat. Metode penelitian kuantitatif dipilih untuk memudahkan melihat pengaruh kinerja terhadap minat baca. Responden penelitian terdiri dari 46 orang. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan diperkuat dengan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar terhadap peningkatan minat baca masyarakat hanya sebesar 15,6%, dengan nilai F hitung sebesar 8,112 lebih besar dari F tabel 3,21. Dari pengaruh tersebut, telah terjadi peningkatan minat baca sebesar 5,82 dalam jangka waktu 6 tahun. Kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang berkontribusi besar dalam peningkatan minat baca masyarakat terletak pada kompetensi dan kapabiltas yang dimiliki oleh pegawai. Minat baca masyarakat kota Makassar meningkat dipengaruhi oleh indikator tindakan masyarakat untuk mencari bahan bacaan, hal ini tidak terlepas pula dari kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam menyediakan akses bacaan yang terjangkau.
Unduhan
Referensi
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2022). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.51725
Aman-Ullah, A., Mehmood, W., Amin, S., & Abbas, Y. A. (2021). Human capital and organizational performance: A moderation study through innovative leadership. Journal of Innovation & Knowledge, 7(4), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100261
Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Balduck, A., & M. Buelens. (2008). Working Paper: A Two-Level Competing Values Approach to Measure Nonprofit Organizational Effectiveness. Vlerick Leuven Gent Management School Working Paper Series.
Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Grasindo.
Editor. (2019). Minat Baca Masyarakat Menurun. Lintasberita.Com. https://lintas-berita.com/2019/10/05/minat-baca-masyarakat-menurun/
George, B., Walker, R. M., & Monster, J. (2019). Does Strategic Planning Improve Organizational Performance? A Meta-Analysis. Public Administration Review, 79(6), 810–819. https://doi.org/10.1111/puar.13104
Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 89. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524
Gibson, Donnelly, I., & Konopaske. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes. McGraw-Hill.
Giusti, G., Kustono, A. S., & Effendi, R. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 121. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8646
Hurlock, E. B. (1995). Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Erlangga.
Jr, M. R., & Nues, R. A. T. (2019). The Reading interest of Public Elementary School Pupils and Its Effects on their Academic Performance. Ascendens Asia Journal of Multidisciplinary Research, 3(2j).
Karim, F., Unde, A., & Rahman, A. (2022). Makassar City Library Service Communication Strategy in Increasing Makassar City Public Interest in Reading. In Proceedings of the International Conference on Communication, Policy and Social Science (InCCluSi 2022) (Vol. 682). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-07-7_56
Landerl, K., & Wimmer, H. (2008). Development of Word Reading Fluency and Spelling in a Consistent Orthography: An 8-Year Follow-Up. Journal of Educational Psychology, 100(1), 150–161. https://doi.org/10.1037/0022-0663.100.1.150
Metsäpelto, R. L., Silinskas, G., Kiuru, N., Poikkeus, A. M., Pakarinen, E., Vasalampi, K., Lerkkanen, M. K., & Nurmi, J. E. (2017). Externalizing behavior problems and interest in reading as predictors of later reading skills and educational aspirations. Contemporary Educational Psychology, 49, 324–336. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.009
Mustopadjaja. (2003). Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi Dan evaluasi Kinerja. Lembaga Administrasi Negara.
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81.
Nursyal, I., & Christiani, L. (2017). Pengaruh Program Gerakan Gemar Membaca Terhadap Peningkatan Minat Baca Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 541–550. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23186
Rahayu, L. T. I. (2016). Hubungan Minat Membaca dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di PKBM Al-Firdauz Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 188–201.
Rahmawati. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/32593
Retno, H. (2021). Miris, Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO Hanya 0,001 persen. Portal Bandung Timur. https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-941922838/miris-minat-baca-di-indonesia-menurut-unesco-hanya-0001-persen
Saepudin, A., & Mentari, B. N. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), 43. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p43--54
Sartika, D. (2015). Inovasi Organisasi Dan Kinerja Organisasi : Studi Kasus Pada Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Iii 1 Lembaga Administrasi Negara Organizational Innovation and Organizational Performance : Case Study At Center of Study and Education and Tr. Borneo Administrator, 11(2), 129–151.
Sidow, M. A., & Ali Yassin Sheikh, A. (2014). Corporate innovation and organizational performance: the case of somalia telecommunication industry. International Journal of Business, Economics and Law, 4(1), 112–118.
Sunday, A., Abanis, T., Eliab, B., & Sumil, N. (2013). Financial Performance in the Selected Microfinance Institutions in Uganda. 2(2), 1–11.
Suryani, N. K., & FoEh, J. E. H. J. (2018). Kinerja Organisasi. Deepublish.
Taufik, M. (2022). Budaya Baca di Makassar Naik 45,31 ?rkat Program Sentuh Pustaka. Bukamata News. https://bukamatanews.id/read/2022/03/07/budaya-baca-di-makassar-naik-4531-rkat-program-sentuh-pustaka
Taulabi, I., Imron, A., & Khoiruddin, M. A. (2017). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 137–158. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v11i1.165
Walgermo, B. R., Frijters, J. C., & Solheim, O. J. (2018). Literacy interest and reader self-concept when formal reading instruction begins. Early Childhood Research Quarterly, 44, 90–100. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.03.002
Yusuf, N. R., Widyawati, & Saguni, D. S. (2022). Library Office Innovation of the Makassar City: Influence on Increasing Public Reading Interest. Jurnal Ad’ministrare, 9(2), 469–476. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/37303/18457
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).