MULTIPLE STREAMS FRAMEWORK DALAM PERWALI NOMOR 5 TAHUN 2023 TENTANG PUSAT INFORMASI SAHABAT ANAK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KOTA LAYAK ANAK DI KOTA SURABAYA

Penulis

  • Catur Ajeng Kartika Ria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M. Roisul Basyar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v30i2.2825

Kata Kunci:

Kebijakan Publik, Agenda , Kota Layak Anak

Abstrak

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dengan kondisi sosial masyarakat yang dinamis sehingga miliki berbagai permasalahan sosial budaya yang dihadapi. Dibalik kondisi tersebut, Kota Surabaya berhasil menjadi Kota Layak Anak kategori utama selama enam tahun berturut turut. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses agenda setting yang terdiri dari tiga aliran yaitu aliran masalah, aliran politik dan aliran kebijakan tersusun dalam pengembangan Kota Layak Anak di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menghimpun sumber data primer dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi serta data sekunder yang dikumpulkan dari dokumen-dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini adalah yang paling mendominasi dari proses agenda setting pada pengembangan Kota Layak Anak di Kota Surabaya adalah aliran kebijakan. Aliran kebijakan memiliki peranan yang terbesar sehingga memunculkan berbagai Solusi alternatif dalam pengembangan Kota Layak Anak di Kota Surabaya. Adapun faktor-faktor lain yang memiliki pengaruh terhadap pengembangan Kota Layak Anak di Kota Surabaya yaitu ketersedian fasilitas dan inovasi pemenuhan hak nak, komitmen pemerintah, kesadaran masyarakat dan keterlibatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amanda, G. (2023). Satu-Satunya di Indonesia, Surabaya Menuju Kota Layak Anak Dunia. Republika. https://www.suara.com/news/2023/02/16/110036/satu-satunya-di-indonesia-surabaya-menuju-kota-layak-anak-dunia

Aminpour, F. (2023). Child-Friendly Environments in Vertical Schools: A Qualitative Study from The Child’s Perspective. Building and Environment, 242(April), 110503. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2023.110503

Andhini, A. S. D., & Arifin, R. (2019). Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Tindak Kekerasan pada Anak di Indonesia. AJUDIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 41–52.

Azharada, A., & Meiwanda, G. (2022). Implementasi Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Unit Kerja Layanan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 113–137. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1717

Cordero Vinueza, V. A., Niekerk, F. (Femke), & van Dijk, T. (Terry). (2023). Making child-friendly cities: A socio-spatial literature review. Cities, 137(February), 104248. https://doi.org/10.1016/j.cities.2023.104248

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson.

D-onenews.com. (2023). Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman, Pemkot Surabaya Bentuk Forum Anak Kecamatan. https://d-onenews.com/ciptakan-lingkungan-aman-dan-nyaman-pemkot-surabaya-bentuk-forum-anak-tingkat-kecamatan/

Disdukcapil Kota Surabaya. (2024). Kartu Identitas Anak (KIA) – Disdukcapil Kota Surabaya.

DP3APPKB Kota Surabaya. (2021). Rencana Strategis Tahun 2021-2026 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Keluarga Berencana.

Droz-dit-Busset, O. (2022). “So-Called Influencers”: Stancetaking and (de) Legitimation in Mediatized Discourse About Social Media Iinfluencers. Discourse, Context and Media, 49(June), 100629. https://doi.org/10.1016/j.dcm.2022.100629

Fika, N., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Analisis Kebijakan Versi William Dunn dalam Pondok Pesantren Modern. Journal on Education, 05(04), 16737–16747.

Fithriyyah, M. U. (2017). Studi Implementasi Kebijakan Kota Layak Aanak (KLA) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), 154–171.

Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik : Proses, Analisis, dan Partisipasi. Ghalia Indonesia.

Hariyoko, Y., Soesiantoro, A., & Pangestuti, R. P. (2021). Evaluasi Kebijakan Pembangunan Wisata Religi di Kabupaten Gresik. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 13(1), 44–51. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpan.v13i1.11745

Kingdon, J. W. (2014). Agendas, Alternatives, and Public Policies (2nd ed.). Pearson.

KumparanNEWS. (2023). Surabaya Raih Nilai Tertinggi Penghargaan Kota Layak Anak. KumparanNEWS. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230723220037-293-976800/surabaya-raih-nilai-tertinggi-penghargaan-kota-layak-anak

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi. PT Remaja Rosda Karya Offset.

Mubyarsah, L. R. (2023). DPRD Surabaya Sebut Perda Perlindungan Anak Segera Selesai. https://www.jawapos.com/surabaya-raya/amp/01436412/dprd-surabaya-sebut-perda-perlindungan-anak-segera-selesai

Puspaningtyas, A., Hariyoko, Y., Nirmala, E. R., & Larasati, N. (2022). Pengembangan Ekonomi Daerah melalui Sektor Unggulan Kota Surabaya dalam Masa Pandemi Covid-19. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2), 84–90. https://doi.org/10.26740/jpsi.v6n2.p84-90

Putri, R. A., Astuti, W., & Rahayu, M. J. (2016). Community Capacity in Providing Neighborhood Unit-scale Social Infrastructure in Supporting Surakarta Child Friendly. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 536–544. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.06.112

Ramcilovic-Suominen, S., Lovric, M., & Mustalahti, I. (2019). Mapping Policy Actor Networks and Their Interests in The FLEGT Voluntary Partnership Agreement in Lao PDR. World Development, 118, 128–148. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.02.011

Ramdhani, G. (2023). Surabaya Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2023, Nilainya Tertinggi se-Indonesia! Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read/5351501/surabaya-raih-penghargaan-kota-layak-anak-2023-nilainya-tertinggi-se-indonesia?page=2

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019

Rauf, A. (2021). View of The Application of The Principle of Openness in Realizing Good Governance. Jurnal Hukum Volkgeist, 6(1), 46–50.

Revida, E., Hidayatulloh, A. N., Soetijono, I. K., Hermawansyah, A., Purba, B., Tawakkal, M. I., Bahri, S., Purba, M. F. A. P., & Asmarianti. (2020). Teori Administrasi Publik. yayasan Kita menulis.

Saridar Masri, S. (2018). Integrating Youth in City Planning: Developing a Participatory Tool Toward a Child-Friendly Vision of Eastern Wastani-Saida. Alexandria Engineering Journal, 57(2), 897–909. https://doi.org/10.1016/j.aej.2017.01.023

Scott, T. A., Thomas, C. W., & Magallanes, J. M. (2019). Erratum: Convening for Consensus: Simulating Stakeholder Agreement in Collaborative Governance Processes under Different Network Conditions. Journal of Public Administration Research and Theory, 29(4), 657. https://doi.org/10.1093/jopart/muy063

Subarsono. (2012). Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatf, dan R&D. Alfabeta.

Tamura, Y. (2021). Contexts Behind Differentiated Responses to Contract Farming and Large-Scale Land Acquisitions in Central Mozambique: Post-War Experiences, Social Relations, and Power Balance of Local Authorities. Land Use Policy, 106(February), 105439. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2021.105439

Untari, S. (2019). Kolaborasi Perguruan Tinggi-Pemerintah Desa-Swasta. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 2(2), 75–81.

Widiyanto, Istiqomah Rahmawati, & Abdurrahman Auf. (2021). Peran Aktif Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Bangsa. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 85–95. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.41

Yulianti, R., Bekti, H., Irawati, I., & Sintaningrum, S. (2019). Efek Disposisi Pejabat Pengelola Informasi Publik Di Dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten. Jurnal Administrasi Publik, 10(1). https://doi.org/10.31506/jap.v10i1.5989

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-09

Cara Mengutip

Ria, Catur Ajeng Kartika, Yusuf Hariyoko, dan M. Roisul Basyar. 2024. “MULTIPLE STREAMS FRAMEWORK DALAM PERWALI NOMOR 5 TAHUN 2023 TENTANG PUSAT INFORMASI SAHABAT ANAK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KOTA LAYAK ANAK DI KOTA SURABAYA”. Jurnal Administrasi Negara 30 (2):136-56. https://doi.org/10.33509/jan.v30i2.2825.