STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BARRU
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v30i2.3004Kata Kunci:
Manajemen Pengetahuan , Penciptaan Pengetahuan , Penyimpanan Pengetahuan, Berbagi Pengetahuan , Memanfaatkan PengetahuanAbstrak
Penerapan manajemen pengetahuan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) di Tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Barru belum menunjukkan pelaksanaan manajemen pengetahuan yang terarah dan terencana. Salah satunya pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang memberikan gambaran bahwa penerapan manajemen pengetahuan belum berjalan optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penerapan manajemen pengetahuan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru, berdasarkan konsep strategi penerapan manajemen pengetahuan yaitu penciptaan pengetahuan, penyimpanan pengetahuan, berbagi pengetahuan dan memanfaatkan pengetahuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi dengan melibatkan sejumlah informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dilakukan berbagai strategi dalam penerapan manajemen pengetahuan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru. Strategi yang pertama yaitu penciptaan pengetahuan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan klasikal dan non klasikal, strategi penyimpanan pengetahuan melalui penggunaan teknologi dan pengarsipan dokumen. Selanjutnya, berbagi pengetahuan dengan tersedianya ruang obrolan pegawai dan kegiatan rapat/diskusi/pertemuan telah terlaksana secara rutin. Adapun strategi lain, yaitu memanfaatkan pengetahuan yang ditunjukkan dengan tersusunnya panduan/pedoman kerja seperti standar operasional prosedur (SOP) namun pengembangan lebih lanjut melalui desain Knowledge Management System belum terlaksana.
Unduhan
Referensi
Alavi, & Leidner. (2001). Knowledge Management and Knowledge Management Systems : Conceptual Foundations and Research Issues By Maryam Alavi Orkand Professor of Information Systems Robert H . Smith School of Business University of Maryland College Park , MD 20742 and Boulevard de. MIS Quarterly, 107–136.
Ali Zwain, A. A., Kong Teong, L., & Norezam Othman, S. (2012). Knowledge Management Processes and Academic Performance in Iraqi HEIs: An Empirical Investigation. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(6), 273. www.hrmars.com/journals
Asrar-ul-Haq, M., & Anwar, S. (2016). A systematic Review of Knowledge Management and Knowledge Sharing: Trends, Issues, and Challenges. Cogent Business and Management, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/23311975.2015.1127744
Budihardjo. (2016). Panduan Praktis Menyusun SOP. RAS Penebar Swadaya Grup.
Cania, L. (2014). Dampak Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmu Dan Teknik Angkatan Laut, 6(2), 100–116.
Chua, A. (2013). Customer Knowledge Management via Media Sosial: The case of Starbucks. Journal of Knowledge Management, 17(2).
Collins, C. J., & Clark, K. D. (2003). Strategic Human Resource Practices, Top Management Team Social Networks, and Firm Performance: The Role of Human Resource Practices in Creating Organizational Competitive Advantage. Academy of Management Journal, 46(6), 740–751. https://doi.org/10.2307/30040665
Debowski, S. (2006). Knowledge Management. John Wiley and Sons.
Elnaga, A., & Imran, A. (2013). The Effect of Training on Employee Performance. International Journal of Recent Technology and Engineering, 5(4), 137–147. https://core.ac.uk/download/pdf/234624593.pdf
Firdaus, & Chairunisa. (2021). Belajar Sambil Bekerja & Bekerja Sambil Belajar. Deepublish.
Girard, J., Georgia, M., & College, S. (2022). Defining Knowledge Management : Toward an Applied Compendium Defining Knowledge Management : Toward an Applied Compendium. Online Journal of Applied Knowledge Management, 3(June 2015), 1–20. https://www.researchgate.net/publication/353802781
Husna, N., & Nelisa, M. (2019). Upaya Penerapan Manajemen Pengetahuan dI Perpustakaan STIKES ALifah Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 263. https://doi.org/10.24036/107347-0934
Megalia, R. (2011). Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur: Studi tentang Implementasi Kebijakan REformasi SDM pada Diklat di Indonesia. Sosiohumanika, 4(2), 259–286.
Nawawi, I. (2012). Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Ghalia Indonesia.
Ragab, & Arisha. (2013). Knowledge Management and Measurement: A Critical Review. Journal of Knowledge Management, 17(6), 873–901.
Sagala, T. W., Manapa, E. A., Ardhana, V. Y. P., & Lewakabessy, G. (2020). Perbandingan Implementasi Manajemen Pengetahuan pada Berbagai Industri. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(4), 327–335. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i4.69
Tan, C. N. L., & Md. Noor, S. (2013). Knowledge Management Enablers, Knowledge Sharing and Research Collaboration: A Study of Knowledge Management at Research Universities in Malaysia. Asian Journal of Technology Innovation, 21(2), 251–276. https://doi.org/10.1080/19761597.2013.866314
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Politeknik STIA LAN Makassar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).