STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BARRU

Penulis

  • Kurniyati Lukman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
  • Risnawati Lukman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v30i2.3004

Kata Kunci:

Manajemen Pengetahuan , Penciptaan Pengetahuan , Penyimpanan Pengetahuan, Berbagi Pengetahuan , Memanfaatkan Pengetahuan

Abstrak

Penerapan manajemen pengetahuan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) di Tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Barru belum menunjukkan pelaksanaan manajemen pengetahuan yang terarah dan terencana. Salah satunya pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang memberikan gambaran bahwa penerapan manajemen pengetahuan belum berjalan optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penerapan manajemen pengetahuan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru, berdasarkan konsep strategi penerapan manajemen pengetahuan yaitu penciptaan pengetahuan, penyimpanan pengetahuan, berbagi pengetahuan dan memanfaatkan pengetahuan.  Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi dengan melibatkan sejumlah informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dilakukan berbagai strategi dalam penerapan manajemen pengetahuan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barru. Strategi yang pertama yaitu penciptaan pengetahuan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan klasikal dan non klasikal, strategi penyimpanan pengetahuan melalui penggunaan teknologi dan pengarsipan dokumen. Selanjutnya, berbagi pengetahuan dengan tersedianya ruang obrolan pegawai dan kegiatan rapat/diskusi/pertemuan telah terlaksana secara rutin. Adapun strategi lain, yaitu memanfaatkan pengetahuan yang ditunjukkan dengan tersusunnya panduan/pedoman kerja seperti standar operasional prosedur (SOP) namun pengembangan lebih lanjut melalui desain Knowledge Management System belum terlaksana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alavi, & Leidner. (2001). Knowledge Management and Knowledge Management Systems : Conceptual Foundations and Research Issues By Maryam Alavi Orkand Professor of Information Systems Robert H . Smith School of Business University of Maryland College Park , MD 20742 and Boulevard de. MIS Quarterly, 107–136.

Ali Zwain, A. A., Kong Teong, L., & Norezam Othman, S. (2012). Knowledge Management Processes and Academic Performance in Iraqi HEIs: An Empirical Investigation. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(6), 273. www.hrmars.com/journals

Asrar-ul-Haq, M., & Anwar, S. (2016). A systematic Review of Knowledge Management and Knowledge Sharing: Trends, Issues, and Challenges. Cogent Business and Management, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/23311975.2015.1127744

Budihardjo. (2016). Panduan Praktis Menyusun SOP. RAS Penebar Swadaya Grup.

Cania, L. (2014). Dampak Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmu Dan Teknik Angkatan Laut, 6(2), 100–116.

Chua, A. (2013). Customer Knowledge Management via Media Sosial: The case of Starbucks. Journal of Knowledge Management, 17(2).

Collins, C. J., & Clark, K. D. (2003). Strategic Human Resource Practices, Top Management Team Social Networks, and Firm Performance: The Role of Human Resource Practices in Creating Organizational Competitive Advantage. Academy of Management Journal, 46(6), 740–751. https://doi.org/10.2307/30040665

Debowski, S. (2006). Knowledge Management. John Wiley and Sons.

Elnaga, A., & Imran, A. (2013). The Effect of Training on Employee Performance. International Journal of Recent Technology and Engineering, 5(4), 137–147. https://core.ac.uk/download/pdf/234624593.pdf

Firdaus, & Chairunisa. (2021). Belajar Sambil Bekerja & Bekerja Sambil Belajar. Deepublish.

Girard, J., Georgia, M., & College, S. (2022). Defining Knowledge Management : Toward an Applied Compendium Defining Knowledge Management : Toward an Applied Compendium. Online Journal of Applied Knowledge Management, 3(June 2015), 1–20. https://www.researchgate.net/publication/353802781

Husna, N., & Nelisa, M. (2019). Upaya Penerapan Manajemen Pengetahuan dI Perpustakaan STIKES ALifah Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 263. https://doi.org/10.24036/107347-0934

Megalia, R. (2011). Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur: Studi tentang Implementasi Kebijakan REformasi SDM pada Diklat di Indonesia. Sosiohumanika, 4(2), 259–286.

Nawawi, I. (2012). Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Ghalia Indonesia.

Ragab, & Arisha. (2013). Knowledge Management and Measurement: A Critical Review. Journal of Knowledge Management, 17(6), 873–901.

Sagala, T. W., Manapa, E. A., Ardhana, V. Y. P., & Lewakabessy, G. (2020). Perbandingan Implementasi Manajemen Pengetahuan pada Berbagai Industri. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(4), 327–335. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i4.69

Tan, C. N. L., & Md. Noor, S. (2013). Knowledge Management Enablers, Knowledge Sharing and Research Collaboration: A Study of Knowledge Management at Research Universities in Malaysia. Asian Journal of Technology Innovation, 21(2), 251–276. https://doi.org/10.1080/19761597.2013.866314

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Lukman, Kurniyati, dan Risnawati Lukman. 2024. “STRATEGI PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN BARRU”. Jurnal Administrasi Negara 30 (2):176-96. https://doi.org/10.33509/jan.v30i2.3004.