PRINSIP-PRINSIP DIGITALISASI LAYANAN INPASSING DOSEN NON-ASN LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH IX

Penulis

  • Nurahmad Nurahmad Universitas Handayani Makassar
  • Frida Chairunisa Politeknik STIA LAN Makassar
  • Lukman Samboteng Politeknik STIA LAN Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v30i3.3213

Kata Kunci:

Inpassing , Digitalisasi Layanan , LLDIKTI Wilayah IX

Abstrak

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX yang disingkat LLDIKTI Wilayah IX merupakan satuan kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tuntutan ini oleh LLDIKTI Wilayah IX direspon dengan melakukan transformasi ke layanan digital salah satunya dalam hal layanan usul inpassing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis prinsip-prinsip digitalisasi layanan inpassing dosen non-asn LLDIKTI Wilayah IX. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi digitalisasi layanan inpassing dosen non-asn LLDIKTI Wilayah IX telah efektif dalam aspek keefektifan, kesinambungan, efisiensi, dan akuntabilitas. Namun dari aspek keterpaduan, interoperabilitas, dan keamanan belum efektif dan dibutuhkan perbaikan dan pengembangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriyansyah, A., Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2019). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 10–24. https://doi.org/10.31947/jakpp.v4i1.5901

Asianto, A., Fatonah, N. S., Firmansyah, G., & Akbar, H. (2023). Journal Series on Governance and Management of IT in Electronic-Based Government Systems (SPBE) in Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 4(09), 802–814. https://doi.org/10.59141/jiss.v4i09.880

Atikah, T. I. (2020). Kualitas Pelayanan Inpassing Dosen Tetap Yayasan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang. Universitas Sriwijaya Press.

Ergazakis, K., Metaxiotis, K., & Tsitsanis, T. (2011). A State-of-the-art Review of Applied Forms and Areas, Tools and Technologies for e-Participation. International Journal of Electronic Government Research, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.4018/jegr.2011010101

Febriani, A. I., Hasanuddin, & Saeri, M. (2022). Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Siak Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 580–588.

Hamjen, H. (2023). Sistem Informasi Prioritas Pada Layanan Publik SPBE Kota Palangkaraya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(1), 51–66. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5125

Handoko, P. (2024). The Importance of Quality Public Services That Are Friendly for The Senior Citizens and People with Disabilities: A Case Study at The Tanah Sareal Bogor District Office. International Journal of Society Reviews, 2(2), 387–394.

Ibrahim, A., Arief, A., & Abdullah, S. Do. (2020). Keamanan Untuk Penerapan Layanan Publik Pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE): Sebuah Kajian Pustaka Sistematis. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 5(2), 135. https://doi.org/10.36549/ijis.v5i2.105

Kettl, D. F. (2024). The Government Performance and Results Act at 30: Looking Forward from the Foundation of the Past. International Journal of Public Administration, 47(13), 843–845. https://doi.org/10.1080/01900692.2024.2399130

Kiwang, A. S., Pandie, D. B. W., & Gana, F. (2015). Analisis Kebijakan dan Efektivitas Organisasi. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(1), 71. https://doi.org/10.22146/jkap.7535

Kurnia, N. (2024). Improving Employee Performance in Public Services Through Training: A Case Study of Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng. 2(2), 415–423.

Lambi, M., & Siswani, C. B. (2024). Legal Protection For Consumers In Electronic Transactions. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(1), 243–252. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i1.1018

Mariano, S. (2021). Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2), 508–528. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893

Megantoro, K., Nugraha, J. T., & Fadlurahman. (2019). Efektivitas Website Sebagai Media Informasi Dalam Konteks Relasi Government To Citizens Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang. Jurnal Transformative, 5(2), 73–90.

Nasrullah. (2018). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance Dan Smart City (Studi Kasus: Pemerintah Kota Makassar). JUSITI: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 6(2), 23–31.

Pierre, J., Peters, B. G., & Rönnerstrand, B. (2024). Back to Basics: A Comparative Analysis of Government Performance in Governing. International Journal of Public Administration, 47(13), 896–908. https://doi.org/10.1080/01900692.2024.2339948

Prayogo, W. (2022). Effectiveness Of E-Government Implementation In Public Services In The Land Office Of Semarang City. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(4), 1727–1733. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.452

Rusdy, R. M. I. R., & Flambonita, S. (2023). Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Di Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Good Governance. Lex LATA, 5(2), 218–239. https://doi.org/10.28946/lexl.v5i2.2351

Sadik-Zada, E. R., Gatto, A., & Niftiyev, I. (2022). E-Government and Petty Corruption in Public Sector Service Delivery. Technology Analysis and Strategic Management. https://doi.org/10.1080/09537325.2022.2067037

Sahfitri, V. (2012). Pengukuran EfektiVitas Sistem Informasi. Jurnal Ilmiah MATRIK, 14(3), 205–216.

Saputro, H. N. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 26(1), 129–132.

Sheoran, S., Mohanasundaram, S., Kasilingam, R., & Vij, S. (2023). Usability and Accessibility of Open Government Data Portals of Countries Worldwide: An Application of TOPSIS and Entropy Weight Method. International Journal of Electronic Government Research, 19(1), 1–25. https://doi.org/10.4018/IJEGR.322307

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Nurahmad, Nurahmad, Frida Chairunisa, dan Lukman Samboteng. 2024. “PRINSIP-PRINSIP DIGITALISASI LAYANAN INPASSING DOSEN NON-ASN LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH IX”. Jurnal Administrasi Negara 30 (3):264-84. https://doi.org/10.33509/jan.v30i3.3213.