THE PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIKLATPIM POLA BARU DAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN MO’ODELO TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO

Penulis

  • Irfan Ibrahim Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33509/jan.v25i1.605

Kata Kunci:

Kebijakan Diklat, Kompetensi Kepemimpinan,, Kualitas Pelayanan Publik

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh implementasi kebijakan Diklatpim IV Pola Baru terhadap kualitas pelayanan publik dimediasi oleh kompetensi kepemimpinan dengan pendekatan mo’odelo sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatory survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan PLS (Partial Least Square) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.1. Populasi adalah seluruh Pejabat Eselon IV yang ada di Pemerintah Provinsi Gorontalo dan ASN pada Badan Diklat Provinsi Gorontalo, jumlah populasi sebanyak 520 dengan sampel sebanyak 84 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Diklatpim IV Pola Baru tidak berpengaruh langsung terhadap Kualitas Pelayanan Publik; (2) Implementasi Kebijakan Diklatpim IV Pola Baru berpengaruh tidak langsung terhadap Kualitas Pelayanan Publik di mediasi oleh Kompetensi Kepemimpinan dengan Pendekatan Mo’odelo. Rekomendasi dari penelitian ini kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo agar melakukan program pengembangan Kompetensi Kepemimpinan dengan Pendekatan Mo’odelo sebagai kearifan lokal kepada pejabat-pejabatnya terutama dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, mengingat bahwa Diklat Kepemimpinan sendiri tidak secara langsung berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Pengaruh tersebut baru bisa terjadi bila ditunjang dengan kearifan lokal seperti Kepemimpinan Mo’odelo

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-23

Cara Mengutip

Ibrahim, Irfan. 2019. “THE PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DIKLATPIM POLA BARU DAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN MO’ODELO TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO”. Jurnal Administrasi Negara 25 (1):36-54. https://doi.org/10.33509/jan.v25i1.605.