HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33509/jan.v25i2.774Kata Kunci:
Komunikasi Terapeutik, Kepuasan PasienAbstrak
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan adalah komunikasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dari aspek keterbukaan, empati, sifat mendukung perawat, sikap positif perawat dan kesetaraan antara perawat dan pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional study. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 responden (sampel jenuh) dengan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik ditinjau dari aspek keterbukaan, empati, sifat mendukung perawat, sikap positif perawat dan kesetaraan antara perawat dan pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Wotu. Puskesmas Wotu dapat meningkatkan kepuasan pasien dengan menambah keterampilan para perawat di instalasi rawat inap Puskesmas Wotu.
Unduhan
Referensi
Agus, Erwan Purwanto, and Dyah Ratih Sulistyastuti. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
Andriani, Aida, and Heru Adita Putra. 2014. "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Interna Pria dan Wanita RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2014." Jurnal Ilmu Kesehatan 'Afiyah (LPPM STIKES YARSI SUMBAR) 1 (2): 1-7.
Anjaswarni, Tri. 2016. Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta Selatan: Pusat Pendidikan SDM Kesehatan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Asdawati, A. Indahwaty Sidin, and Irwandy Kapalawi. 2014. "Gambaran Kepuasan Pasien dalam Pelaksanaan Komunikasi." 8 19.
Ayuningtyas, Dumilah. 2015. Kebijakan Kesehatan, Prinsip dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Barkley, Bruce T., and James H. Saylor. 1994. Customer Driven Project Management - A New Paradigm in Total Quality Implementation. Singapore: McGraw-Hill.
Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Ginting, Desmon. 2017. Komunikasi Cerdas - Panduan Berkomunikasi di Dunia Kerja. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ketnawati, Iin, Lutfi Nurdian, and Ruhyana. 2017. Hubungan Persepsi Pasien tentang Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bangsal Flamboyan RSUD Muntilan. Yogyakarta: Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta - Digital Library Repository, 11 2.
Muninjaya, A.A. Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Kediri: EGC.
Murwani, A., and Istichomah. 2009. Komunikasi Terapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya.
Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Purwanto, Erwan Agus, and Dyah Ratih Sulistyastuti. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2016. "Komunikasi Terapeutik Dokter dan Paramedis terhadap Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Bernuansa Islami di Kota Medan." Repositori UIN Sumatera Utara, 12 20.
Siti, Misi, Zulpahiyana, and Sofyan Indrayana. 2016. "Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien." Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia (Journal of Nurse and Midwifery Indonesia) (Universitas Alma Ata Yogyakarta) 4 (1): 30-34.
Walansendow, Vanda Lucyana, Odi R. Pinontoaan, and Sefti Rompas. 2017. "Hubungan antara Sikap dan Teknik Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Eunike RSU GMIM Kalooran Amurang." Jurnal Keperawatan (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi) 5 (1): 1-7.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).