MANAJEMEN PENGETAHUAN MELALUI PERUMUSAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BAGIAN HUMAN RESOURCE DEPARTEMENT PADA KANTOR PT XLA CIPTA PERKASA
Kata Kunci:
Penyusunan, standar operasional, manajemen pengetahuan, prosedur, departemen sumber daya manusiaAbstrak
Kantor PT XLA Cipta Perkasa terdapat Divisi SITAC, Divisi Keuangan, Divisi Procurement serta Divisi Human Resource. Semua divisi belum memiliki dan belum menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun Standar Operasional Prosedur Bagian Human Resource Departement (HRD) Pada PT XLA Cipta Perkasa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SOP memiliki kaitan dengan manajemen pengetahuan di dalam sebuah perusahaan, ada 4 (empat) tahapan yang digunakan oleh peneliti dalam menyusun SOP diantaranya ialah Penilaian Kebutuhan SOP (SOP Need Assessment), Pengembangan SOP (SOP Development), Penerapan SOP (SOP Implementation), Pemantauan dan Evaluasi SOP (SOP Monitoring and Evaluation). Dapat disimpulkan, dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), perlu memperhatikan beberapa aspek penting seperti tujuan dokumen, kualitas pelaksanaan prosedur, serta format dan struktur penulisan yang sistematis. Agar SOP dapat diterapkan secara konsisten sesuai aturan yang telah ditetapkan, disarankan untuk memperjelas isi dan petunjuk pelaksanaannya demi memudahkan pemahaman dan implementasi di lingkungan perusahaan.
Referensi
Andika, Fransiskus, Dwi Putra, and Utpala Rani. 2022. “Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Departemen Administrasi PT Bumen Redja Abadi.” Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM) 3(1):55.
Aprianis. 2021. “Pengaruh Standar Operasional Prosedur (Sop) Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (Tpi) Bandar Lampung.” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 7(1):47–56. doi: 10.24967/jmb.v7i1.1252.
Budihardjo. (2021). Menyusun SOP (Andriansyah (ed.); I). Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup) Graha Bina Swadaya, Lt.3- Trubus Garden Area, Jl. Lembah Hijau, Mekarsari, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.
Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen Marketing dan HRD PT Cahaya Indo Persada. Jurnal AGORA, 6(1), 1–10.
Gishella, Sherilyn. (2018). Analisis Penerapan Standard Operational Procedure Dalam Proses Produksi Pada PT. Pertiwimas Adi Kencana. Jurnal AGORA, 6(2), 1-5.
Hamilton, Alison B., and Erin P. Finley. 2020. “Reprint of: Qualitative Methods in Implementation Research: An Introduction.” Psychiatry Research 283(November 2019):112629. doi: 10.1016/j.psychres.2019.112629.
Nabilla, D. R., and Al Hasin. 2022. “Analisis Efektivitas Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Departemen Community & Academy RUN System (PT Global Sukses Solusi Tbk).” Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen 01(06):58–75.
Nur’aini, F. (2021). Panduan Lengkap Menyusun SOP & KPI (F. Husaini (ed.); II). Quadrant Yogyakarta
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress.
Sabri, N. (2023). Pengaruh Penempatan Kerja Dan Motivasi Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Pada PT. XLA Cipta Perkasa. Universitas Hasanuddin Makassar.
Setiawan, D. (2018). Analisa Standar Operasional Prosedur CV. Apotek Lawang Gali. Jurnal AGORA, 6, 1–7.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); cetakan ke IV). CV. ALFABETA.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Politeknik STIA LAN Makassar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.